- Kontributor
25 Mei 2021 0:0:0 272

Gerhana Bulan Total, Kemenag Balut Laksanakan Rapat Bersama Para Imam Masjid

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha Rustam Ando saat memberikan arahan pada rapat terkait tata cara pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan, Selasa (25/05/21)


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut melalui Seksi Haji dan Bimbingan Masyarakat Islam laksanakan Rapat terkait Pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan Total atau Khusuful Qamar, Selasa (25/05/21) diruang Pertemuan Kantor Kemenag Banggai Laut.

Rapat tersebut menghadirkan Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS, serta Para Imam Se-Pulau Banggai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut yang diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Rustam Ando, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa gerhana bulan atau gerhana matahari merupakan tanda dari kebesaran Allah olehnya itu mari kita laksanakan shalat gerhana sebagaimana perintah Nabi Muhammad SAW.

Rustam mengharapakan agar seluruh Masjid yang ada dimasing-masing desa dalam melaksanakan Shalat Gerhana Bulan agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lanjutnya bahwa shalat gerhana Bulan terjadi pada malam hari dengan waktu yang sangat lama, kurang lebih 2 (dua) jam. Olehnya itu kami menganjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istigfar, taubat, sedekah dan amal ibadah lainnya.

"Semoga dengan pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan ini, kita mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. khususnya daerah kita Banggai Laut dan seluruh umat islam umumnya" harap Rustam.

Sementara itu Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam Ramudin Kadja dalam arahanya menjelaskan terkait panduan pelaksanaan shalat gerhana sebagaimana petunjuk dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulteng.

Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan video tentang tata cara pelaksanaan shalat gerhana, hal ini bertujuan untuk memudahkan bagi para imam masjid memahami tentang tata cara pelaksanaanya.(SU)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex