- Kontributor
24 Oktober 2022 0:0:0 109

Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022, Kamad MAN 2 Kota Palu Sampaikan Sambutan Menteri Agama RI

Ket: Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 di MAN 2 Kota Palu


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Sejak terbitnya  Keppres  Nomor  22 Tahun 2015, tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri secara rutin bukan hanya di kalangan pesantren, tapi oleh semua elemen masyarakat. Pemerintah telah mengatur Pelaksanaan Peringatan Hari Santri Tahun 2022 di lingkungan Kementerian Agama  melalui Surat Edaran tertanggal 10 Oktober 2022.  Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu turut memperingati momen ini dengan melaksanakan upacara Peringatan Hari Santri di lapangan upacara utama MAN 2 Kota Palu pada Sabtu,22/10.

Dalam upacara tersebut,  Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan resmi Menteri Agama RI,  Yaqout Cholil Qoumas, di depan seluruh peserta upacara. Peringatan Hari Santri Tahun 2022 mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Sesuai dengan tema yang diusung, sambutan Menteri Agama mencerminkan keberadaan santri Indonesia yang selalu hadir dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia. Peran santri bagi bangsa pun tercatat dalam sejarah sejak masa awal kemerdekaan hingga saat ini. Sebagai insan yang selalu mengedepankan nilai-nilai agama maka santri juga harus senantiasa menjunjung tinggi dan menjaga martabat serta nilai-nilai kemanusiaan.

Keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan ini bukan hanya dipegang oleh para santri semata, namun harus menjadi milik semua masyarakat Indonesia. Milik semua  komponen bangsa yang mencintai tanah air dalam menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyampaikan bahwa Peringatan Hari Santri merupakan salah suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di MAN 2 Kota Palu. Hal ini mengingat bahwa MAN 2 Kota Palu adalah salah satu madrasah di Provinsi Sulawesi Tengah yang juga menyelenggarakan pembelajaran semi pondok pesantren.

“Peringatan di setiap Hari Santri adalah salah satu momen penting yang telah diselenggarakan secara rutin khususnya di lingkungan Islamic Boarding School  MAN 2 Kota Palu. Di tahun-tahun sebelumnya,  IBSDM menyemarakkan Peringatan Hari Santri ini dengan melaksanakan berbagai lomba khusus bagi kalangan santrinya. Olehnya pada tahun ini, IBSDM berkolaboransi dengan madrasah demi terselenggaranya upacara dengan lebih meriah,”   ujar Syamsu.

Upacara berlangsung lancar dan khidmat. Seluruh peserta upacara tampak antusias dengan pakaian khusus sesuai surat edaran Sekjen Kemenag Nomor SE,27 Tahun 2022. Seluruh siswa serta para tenaga pendidik dan kependidikan pria MAN 2 Kota Palu dengan mengenakan sarung dan para wanita tampil apik dengan pakaian syar’i putih.

 

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex