- Kontributor
5 Juni 2022 0:0:0 414

Perwakilan Siswa MTsN 1 Kota Mengikuti Kampanye Generasi Muda Peduli Lingkungan

Ket: Foto Bersama Kepala DLH Propinsi Sul-Teng (03/06/2022)


 

Palu (MTsN 1 Kota Palu), Generasi muda saat ini dalam beberapa tahun mendatang akan menjadi angkatan produktif dan menjadi pemegang keputusan di berbagai bidang dalam berbagai tingkatan. Sehingga betapa strategisnya membangun generasi muda agar menjadi generasi yang tangguh, berkarakter, kreatif dan siap membela lingkungan Indonesia.

Kegiatan yang di laksanakan di Taman Gor Palu (03/06/2022) diikuti oleh para Generasi muda di antaranya perwakilan dari sekolah-sekolah yang telah memperoleh penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional yaitu MTsN 1 Kota Palu, MAN 1 Kota palu dan SMAN 1 Kota Palu. Perwakilan MTsN 1 Kota Palu yang diwakili oleh lima orang siswa yang didampingi langsung oleh Ketua Adiwiyata MTsN 1 Kota Palu Ibu Ester Ariyani, S.Pd. dalam kegiatan kampanye ini, Siswa MTsN 1 Kota palu di berikan kesempatan untuk mensosialisasikan pembuatan Eco Enzim yang bahan bakunya berasal dari sampah makanan seperti kulit buah-buahan dan lainnya.

 

Ibu Ester Ariyani Saat di temui di lokasi kegiatan menyampaikan kami senantiasa mengingatkan para siswa agar memegang teguh prinsip MTsN 1. sebagai Madrasah yang memegang teguh prinsip "Berprestasi, Mandiri, Cinta Lingkungan, Berasaskan Iman dan Takwa". Ester juga menyampaikan bahwa sebagai aset negara dan harapan keluarga, maka ilmu adalah pembuka untuk masa depan para siswa.

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam bidang lingkungan hidup. Dan harus menjadi semangat untuk menjaga lingkungan, karena bumi ini adalah titipan untuk generasi yang akan datang, bukan warisan, jika titipan maka harus dijaga dengan baik".Jelasnya.

Kepala DLH Propinsi Sulawesi Tengah di wakili oleh Ibu Ika Nofidajayanti, S.Km, M.Km menyatakan bahwa untuk menjaga lingkungan dari perubahan iklim salah satunya dapat dimulai dengan mengendalikan sampah khususnya sampah plastik dengan mendorong budaya malu didiri para generasi muda.

“senantiasa merasa malu untuk melakukan perbuatan yang tidak baik, hal ini harus menjadi pegangan generasi muda untuk membela permasalahan lingkungan dengan mengedepankan rasa malu jika membuang sampah sembarangan atau malu untuk merusak lingkungan”. Ujarnya

Lanjut beliau Untuk itu, generasi muda harus mampu menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengelola sampah dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) yaitu mengurangi dihasilkannya sampah (Reduce) yang antara lain dengan cara membawa botol air minum menggunakan tas pakai ulang ketika belanja, menggunakan sampah untuk keperluan yang bermanfaat seperti yang sudah di lakukan oleh siswa-siswi MTsN 1 Kota Palu yaitu membuat Eco Enzim yang manfaatnya begitu banyak dan bernilai ekonomi. Perilaku hemat listrik dan air, melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman dan menggunakan/menerapkan tranportasi ramah lingkungan”.Ungkapnya.

Generasi muda/ generasi milenial yang jumlahnya semakin banyak di Indonesia menjadi salah satu faktor penting menunjang keberhasilan dalam upaya mencegah perubahan iklim di Indonesia. Khususnya dalam mensukseskan kampanye peduli lingkungan di media sosial. Dengan karakter generasi milenial yang gemar berselancar di dunia maya dengan perangkat pintarnya, semestinya dengan edukasi yang tepat tentang lingkungan dapat mendorong tingkat kepedulian mereka terhadap lingkungan dan perubahan iklim.

MTsN 1 Kota Palu yang telah mendapatkan penghargaan tingkat Nasional sebagai Madrasah Adiwiyata dan saat ini akan menuju ke Adiwiyata Mandiri, mereka terus mendorong para siswa untuk menjaga lingkungannya melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yaitu mengolah sampah atau bahan bekas menjadi bahan jadi seperti bunga plastic,pot bunga,tempat tissue,miniature rumah adat, sabun dan lain-lain.

*Supardi*

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex