- Kontributor
8 Februari 2019 0:0:0 479

4 Pasang Calon Perngantin Ikut Kursus

Ket:


Buol(Kemenag Sulteng),- Bertempat di Aula KUA Biau Kamis 8 Januari 2018 sebanyak 4 pasang calon pengantin beserta para walinya mengikuti  kursus calon pengantin dalam kegitan kursus ini para catin diberikan pembelajaran tentang kesehatan paca menikah ole penyuluh dari dinas kesehatan dan dibekikan bimbingan dan pembelajran tentan tharah dan munakkahat.

Sebelum pernikahan, pasangan pengantin lebih dulu di berikan bimbingan pra nikah, atau Penasehatan Perkawinan oleh BP4 (Badan Penasehatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan).

Setelah selesai mengikuti penasehatan, maka para pasangan akan mendapatkan sertifikat Catin.

Bimbingan pra nikah ini terdiri dari 2 sesi, sesi pertama di isi dengan materi kesehatan reproduksi serta informasi kesehatan lain, dan yang kedua mengenai tata cara ijab kabul dan artinya serta tanggung jawab dan kewajiban suami istri.

Pada sesi pertama bimbingan di isi oleh petugas penyuluh kesehatan dari dinas kesehatan kabupaten Buol. Materi yang diberikan antara lain kesehatan reproduksi,masalah kehamilan, penyakit sexsual, manfaat vaksin, manfaat asi ekslusif,.pilihan alat kontrasepsi, dan beberapa info.kesehatan lainnya.

Setalah sesi kesehatan, maka dilanjutkan dengan sesi mengenai Ijab Kabul yang di samapikan oleh bapak Saharudin, S.Ag, Penghulu Agama yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan Biau.

ia menjelaskan bahwa Jika seorang pria telah menerima Ijab Kabul dari sang wali wanita, berarti sang pria telah siap menerima tanggung jawab sebagai suami. Harus bisa memberikan nafkah lahir dan batin bagi sang istri. "Kalau sudah ijab, berarti ada perpindahan atau serah terima kewajiban, antar orang tua perempuan dengan suami. Kalian para suami harus memberikan nafkah lahir dan batin,"ucapnya.

" demikian juga dengan Nafkah batin, para suami bisa memberikan rasa nyaman, rasa aman, rasa senang, dan bisa membawa anak dan istri ke surganya Allah," tuturnya

Penulis : ( Humas Buol : Iqbal ).

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex