- Kontributor
15 Oktober 2019 0:0:0 1712

LDKS OSIS 2019 MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TOLITOLI

Ket: Peserta LDKS OSIS 2019 di Pantai Lalos


Tolitoli ( Inmas MAN Tolitoli) – Keceriaan para peserta LDKS OSIS 2019 terlihat saat mengikuti games kekompakan di Pantai Lalos, Desa Lalos Kecamatan Galang. Mereka bersorak sorai mendukung masing-masing kelompoknya pada lomba-lomba yang dilaksanakan oleh panitia pelaksana sebagai rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang dilaksanakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Kegiatan ini  dilaksanakan dari tanggal 11 Oktober 2019 sampai dengan tanggal 13 Oktober 2019.

Selama Pelaksanaan Kegiatan LDKS OSIS 2019, peserta diberikan materi pengembangan diri dan keorganisasian. Materi-materi tersebut antara lain Administrasi Kelembagaan, Retorika, Problem Solving dan Persidangan. Pemberian materi-materi ini tentunya akan menjadi bekal kepada peserta yang tidak lain adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli Kelas X dan Kelas XI. Seperti yang dikemukakan oleh Ketua Panita Pelaksana, Nurul Pratiwi saat ditemui di lokasi kegiatan bahwa “Selama tiga hari ini Peserta diberikan mater-materi untuk bekal mereka nanti jadi pengurus dalam organisasi, seperti Administrasi Kelembagaan, Retorika, Pemecahan Masalah dan Persidangan. Semua materi itu diberikan langsung oleh para guru-guru MAN Tolitoli yang berkompeten dan memiliki pengalaman dalam berorganisasi” Ujarnya,

Selain memberikan Materi penguatan tentang Keorganisasian, Pengurus OSIS MAN Tolitoli juga melakukan Debat dengan mengangkat tema “Problematika Remaja Masa Kini, Masalah dan Solusi” dalam debat tersebut, para peserta diajak untuk berargumentasi dan berfikir kritis serta mampu memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa saat ini.

Pada Sabtu, 12 Oktober 2019 kita juga dibuat debat untuk peserta, kita buat dua kelompok dimana kelompok A adalah yang Pro dan Kelompok B yang kontra. Debatnya Seru karena semua peserta diberikan kesempatan untuk memberikan argumentasi dan dapat mengkritisi agrumentasi yang lain. Kita angkat tema debat "Problematika Remaja Masa Kini, Masalah dan Solusi” Lanjut Nurul Pratiwi.

Kegiatan pada hari terakhir memfokuskan kegiatan-kegiatan kekompakan untuk menciptakan keakraban antar sesama peserta. Selain itu pemilihan pantai sebagai lokasi kegiatan dimaksudkan untuk ajang rekreasi bagi para peserta. “hari ini kita buat games-games kekompakan seperti Estafet Sarung, Estafet Air, Lomba Merias. Ini bertujuan untuk menjalin keakraban dan kekompakan di peserta. Kegiatan ini kita buat di pantai lalos juga untuk refresing, rekreasi untuk para peserta” Ujar Muhammad Rijal, Ketua OSIS MAN Tolitoli saat ditemui di lokasi kegiatan.

Pada akhir pelaksanaan kegiatan, Irfandi Hi Hasan, S.Pd Selaku Pembina OSIS MAN Tolitoli mewakili Kepala Madrasah kemudian menutup Kegiatan LDKS OSIS 2019 secara resmi. Dalam sambutannya Dia mengungkapkan bahwa Kegiatan LDKS OSIS 2019 telah berjalan lancar dan sukses. Dia pun berharap bahwa setelah selesainya kegiatan LDKS OSIS 2019, seluruh peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama mengikuti kegiatan. Para peserta juga diharapkan dapat menjadi contoh kepada siswa yang lain tentang arti penting kepemimpinan dalam kehidupan dilingkungan sekolah berupa tindakan yang bijak, bertanggung jawab, berpikir kreatif, serta memperluas jaringan sosial dan selalu mengaktualisasikan diri.

"Semua rangkaian kegiatan telah berjalan sesuai rencana, lancar dan sukses. Saya berharap kalian dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah di dapat selama kegiatan ini dalam kehidupan kalian. Kalian juga harus menjadi contoh bagi siswa yang lain, harus menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, kreatif, bijak dan mengaktualisasikan diri kalian." Kata Irfandi Hi Hasan. (ratna)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex