- Kontributor
10 Agustus 2022 0:0:0 139

Ketua DWP Kemenag Sulteng: Pentingnya Deteksi Dini

Ket: Ketua DWP Kemenag Sulteng beri sambutan pada pembukaan kegiatan tes IVA dan sadanis, Rabu (10/8/2022)


Palu (Kemenag Sulteng) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) gratis di Gedung Bapelkes Palu, Rabu (10/8/2022).

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulteng Rosna M. Dg. Rumalang mengatakan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh DWP Kemenag Republik Indonesia dan digelar serentak di 34 Kanwil Kemenag Provinsi serta sejumlah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) seluruh Indonesia.

“Tes IVA dan sadanis ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT RI ke-77 sebagai gagasan demi mewujudkan wanita Indonesia yang kuat. Hingga saat ini masih banyak wanita yang merasa ragu bahkan takut untuk memeriksakan dirinya, akibat anggapan jika terkena maka ini adalah penyakit yang memalukan,” ujarnya.

“Hal ini tentu tidak boleh terjadi sebab jika penyakit yang diidap telah memasuki stadium tertentu maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan sulit untuk disembuhkan. Olehnya kami berharap dengan adanya pelaksanaan tes IVA dan sadanis gratis ini semakin banyak wanita yang bisa mengetahui kondisi kesehatannya,” lanjutnya.

Rosna mengungkapkan bahwa DWP Kemenag Sulteng mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini dan ia berharap usai pelaksanaan kegiatan para wanita tidak perlu lagi takut untuk memeriksakan diri agar deteksi dini dapat dilakukan.

Ditemui humas usai kegiatan, salah satu peserta tes IVA dan sadanis Susilawati mengatakan bahwa dirinya sangat merasa terbantu dengan pelaksanaan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada DWP Kemenag Sulteng, sebagai wanita saya sadar bahwa sangat penting untuk melakukan tes ini sehingga dapat diketahui jika terdeksi sesuatu maka dapat dilakukan pengobatan sejak dini,” pungkasnya. (Monica)

Editor: Humas Monica
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex