- Kontributor
27 September 2021 0:0:0 184

Siswa MTsN 1 Kota Palu Manfaatkan Sampah Rumah Tangga Jadi Eco Enzyme

Ket: Foto Kegiatan Praktek Pembuatan Eco Enzyme di Lab. IPA


Palu (Kemenag Sulteng),- Untuk mengurangi volume sampah di lingkungan rumah tangga dan madrasah, siswa MTsN 1 Kota Palu berinovasi dengan mengolah sampah berupa kulit buah dan sisa sayuran menjadi "ECO ENZYME".

Kepala Madrsasah Hj. Rusdiana, mengungkapkan Tenaga pendidik di MTsN 1 Kota Palu mengajarkan siswa untuk memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi 'Eco Enzyme'. Ini merupakan salah satu cara membuat pembelajaran di masa pandemi lebih bermakna. "ECO ENZYME" sangat baik untuk pupuk, pembersih lantai, mencuci piring, pembersih udara, obat kumur, bisul, dan lainnya.

"Selamat berkarya anak-anakku semoga menjadi gambaran madrasah dalam kewirausahan, Madrasah mandiri berprestasi" Ungkapnya.


Menurut Guru Pembimbing Moh. Irwan mengungkapkan, kegiatan pembelajaran selama pandemi dibuat agar lebih bermakna dan menekankan pada pendidikan kecakapan hidup yang diperlukan selama masa pandemi, seperti mengelolah sampah selama belajar dari rumah.


 

Olehnya, Siswa diberikan proyek atau kegiatan yang bisa memanfaatkan sampah yang ada di rumah. Kegiatan yang biasanya memanfaatkan sampah menjadi kompos dan karya kreasi lainnya, sedikit terhambat karena selama pandemi siswa hanya belajar dari rumah dan interaksi yang sedikit. Sedangkan, kegiatan pembuatan kompos dan karya kreasi lainnya memerlukan waktu yang lama dan rumit untuk dilaksanakan di tengah pandemi saat ini. Untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan, langkah yang paling strategis adalah melalui pembelajaran uji coba/praktek, ujarnya.

Moh. Irwan, meyakini sampah dapat merugikan bila tidak dikelolah dengan baik, tetapi sampah akan memiliki sisi manfaat yang baik bagi manusia jika dikelola dengan baik. Maka diperlukan penanganan dan kesadaran untuk mengelolanya.

Oleh karena itu, siswa kelas 8 yang kami bimbing berusaha mengolah sampah yang ada di lingkungan rumah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi mereka. Dengan memanfaatkan sampah limbah rumah tangga menjadi 'eco enzyme'.

"Siswa mengumpulkan sampah kulit buah yang ada di lingkungan sekitar, kegiatan pengelolaan sampah dengan memanfaatkan kulit buah menjadi 'eco enzym'," jelas Moh.Irwan

Eco Enzyme sangat kaya akan manfaat seperti menggantikan bahan kimia yang terdapat di dalam cairan pembersih serbaguna, hand sanitizer, sabun, detergen, pengharum ruangan serta dapat digunakan sebagai detoksifikasi racun pada tubuh, obat luka bakar, mencegah sariawan, pembasmi hama, memberikan nutrisi dan lainnya.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex