KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Moh Bachri Kontributor
7 Mei 2024 17:0:0 90

Rakor Pakis Sulteng, Urai Permasalahan TPG PAI

Ket: Rapat Koordinasi Pakis Tahun 2024


Ampana (Kemenag Sulteng) - Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Nurlaili, mengatakan permasalahan yang muncul saat ini di bidang Pakis, yaitu terkait dengan administrasi untuk penerima Tunjangan Profesi Guru PAI harus diselesaikan dengan melihat juknis terkait persyaratan tentang peneriman TPG, untuk Pondok Pesantren, MDT serta Lembaga Pendidikan Qur’an, dan masih banyak pemutakhiran data EMIS belum selesai sampai dengan BAP.

Hal ini disampaikan Nurlaili dalam pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Tahun 2024, di Kabupaten Tojo Una Una, Selasa (7/5/2024).

“Tujuan kami bersama tim Pakis Kemenag Wilayah untuk membantu serta menyelesaikan permasalahan dan menimalisir terkait dengan pemutakhiran data EMIS tersebut, manfaatnya sangat besar sebab bantuan dari Pemerintah Pusat selalu merujuk pada data EMIS,” ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tojo Una Una M Syahruddin menyambut baik pelaksanaan Rakor Pakis yang dilaksanakan di Ampana. Ia berharap forum Rakor dapat mewujudkan pengelolaan administrasi yang baik baik pada GPAI, Pondok Pesantren, MDT dan lembaga Pendidikan Qur’an.

“Tujuannya yaitu keseimbangan antara pemenuhan hak dan kewajiban. Perkembangan teknologi jaman sekarang sudah sangat digampangkan dalam pengelolaan administrasi,” ujarnya saat menyampaikan sambutan dan membuka Rakor Pakis.

“Alhamdulillah sinergi Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kab. Tojo Una Una sangat baik terbukti dengan adanya dukungan untuk pembayaran guru untuk mengikuti PLPG,” imbuhnya.

Tujuan di gelarnya Rakor Bidang Pakis ini adalah untuk mensinergikan program – program kerja yang ada di Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Sulawesi tengah dengan Kemenag Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah. Selain itu, untuk menyamakan persepsi terhadap regulasi peraturan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara maupun Kementerian Agama yang berkaitan dengan Pendidikan Islam, baik berupa kebijakan maupun berupa peraturan.

“Semoga dengan digelarnya Rakor Bidang PAKIS dapat memberikan kontribusi positif yang dapat meningkatkan mutu Aparatur Sipil Negara dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan Islam di Provinsi Sulawesi tengah,”pungkas Kakankemenag Tojo Una Una yang baru dilantik Maret lalu.

Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Kab. Tojo Una una Sahruddin Supuloro selaku Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya mengungkapkan terimakasih pada Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah bersama tim yang akan melaksanakan Rakor Pakis. Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan serta mewujudkan pelaporan administrasi yang akuntabel khususnya di bidang Pakis serta mempererat sialhtahurahmi koordinasi kemenag kabupaten dan kemenag Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pembukaan Rakor Pakis juga dihadiri Ketua AGPAI, Pimpinan Pondok, Pimpinan MDT, Pimpinan LPQ serta guru Pendidikan Agama Islam.

Tags terkait: PAKIS
Editor: Lilis Basira
Fotografer: Firman
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex