- Kontributor
24 April 2021 0:0:0 284

KUA Se Kab Donggala Ikuti Bimbingan Sistem Informasi Kepenghuluan

Ket: Kepala Seksi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah H. Akbar Sidik, didampingi oleh Kasi Bimais Kemenag Donggala, H.Darwin Panessai, memberikan arahan pada bimbingan teknis Sistem Informasi Kepenghuluan


Donggala ( Kemenag Sulteng ) - Seksi  Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kemenag Donggala kerja sama dengan Seksi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, melakukan Bimbingan Sistem Informasi  Kepenghuluan (SIK) , Jum’at (23/4-2021)

Menurut Kepala Seksi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemanag Sulteng Akbar Sidik, mengatakan tujuan kegiatan bimbingan  Sistem Informasi Kepenghuluan ini adalah terkait dengan penetapan angka kredit bagi kepala KUA, di dalamnya termasuk  Nikah Rujuk dan pelaksanaan Nikah di Kantor.

Selain itu, KUA juga  dituntut untuk melakukan  perubahan revormasi dengan  Revitalisasi  membuat program  kedepan dengan perencanaan yang  terukur  dengan hasil yang maksimal, dan juga melakukan Digitalisasi artinya melakukan perubahan yang mendasar  yang orientasinya  Penghulu  harus meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) yang siap  pakai termasuk penguasaan IT, kata Akbar Sidik.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam, Darwin Panessai, mewakili Kepala Kantor Kemenag Donggala, mengatakan  peranan kepenghuluan untuk penetapan angka kredit melalui kegiatan antara lain Itsbat Nikah,  Nikah Kantor, diperoleh  seluruh kepala KUA  sebagai jabatan Fungsional .

Ia juga  mengharapkan kepada seluruh KUA  agar mendata seluruh  tempat Ibadah di wilayah  kerjanya masing –masing untuk mendapatkan Sertifikat rumah Ibadah dari Pemerintah  melalui  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Donggala.

Darwin juga meminta seluruh Kepala KUA  melakukan  koordinasi  dalam hal pembentukan Amin Zakat, sehingga pengelolaan Zakat Fitrah terkoordinir dengan baik oleh kepala KUA disetiap wilayah kerjanya serta Zakat Fitrah tersalurkan semua  sebelum hari raya Idul Fitri.

Kegiatan ini di laksanakan Aula Kantor Kemenag Kab. Donggala dan di hadiri seluruh Kepala KUA se Kabupaten Donggala.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex