KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
21 Maret 2023 0:0:0 84

Bimtek UPZ, Kakankemenag Riatman Sampaikan Strategi Utama Kemenag Pada Zakat

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin menjadi Narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Imam Masjid se-Pulau Banggai, bertempat di Gedung Serbaguna BPU Tinakin Darat, Senin (20/03/23)

Bimtek tersebut digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banggai Laut, mengusung tema Optimalisasi, Pengumpulan, Pendistribusian ZIS serta Tingkatkan Kompetensi Imam Dalam Melayani Umat Menuju Banggai Laut Sejahtera dan Profesional. 

Adapun materinya, dengan judul Peran Kemenag Dalam Pembinaan dan Pengawasan Lembaga Zakat. Riatman menjelaskan dalam pengelolaan zakat Kementerian Agama memiliki peran sebagai Regulator yang menyiapkan berbagai peraturan dan petunjuk tentang pelaksanaan tata cara zakat dan wakaf dari aspek syariah dan Undang-undang, sebagai Motivator dalam pelaksanaan program sosialisasi dan orientasi baik secara langsung maupun kerjasama dengan pihak terkait.

Tidak hanya itu, kata Riatman, Kemenag juga sebagai fasilitator dalam menyiapkan fasilitas penunjang operasional zakat dan menjadi Koordinator dalam mengkoordinasikan semua lembaga pengelola zakat dan wakaf disemua tingkatan.

"Ada tiga strategi utama Kemenag pada zakat. Pertama. Melakukan sosialisasi kampanye literasi zakat di semua elemen masyarakat. Kedua. Memberikan pembinaan amil zakat dan pengawasan audit syariah. Ketiga. Melakukan pendataan dan manajemen informasi zakat pendampingan program pemberdayaan zakat," ujarnya

Selanjutnya, Riatman mengungkapkan bahwa tujuan dari pengelolaan zakat menurut UU Nomor 23 Tahun 2011 adalah meningkatkan pelayanan dalam menunaikan zakat serta mengoptimalkan fungsi kepentingan pranata keagamaan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial.

Sebelum menutup materi, Riatman mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan Baznas Banggai Laut bersama jajarannya yang telah melaksanakan kegiatan ini guna peningkatan kompetensi imam masjid dalam pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS).

"Semoga para imam masjid setelah mengikuti bimtek ini, mereka dapat bersama-sama mengembangkan dan melaksanakan tugasnya dalam pengelolaan ZIS di daerah ini," tutup Riatman

Turut hadir, Bupati Banggai Laut diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Moh Irbart Hamid, S.sos, Ketua Baznas, Hj. Halimah Adjahum, S.Ag.,MM beserta Komisioner, Mewakili Camat Banggai, Asri Abdullah, Kepala KUA Banggai Hamrudin, S.sos.I dan Para Imam Masjid se-Pulau Banggai Laut. (MH)

 

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex