- Kontributor
31 Januari 2023 0:0:0 333

Siswa MAN Biau Kelas X Mengikuti Ujian PH1 Bahasa Inggris Secara Online Melalui Aplikasi Plickers

Ket: Siswa MAN Biau Kelas X Agama A saat Mengikuti Penilaian Harian (PH1) Bahasa Inggris Secara Online Melalui Aplikasi Plickers di Laboratorium Bahasa Pagi ini.


Buol (Humas MAN Biau) – Siswa kelas X Agama A Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Biau hari ini mengikuti kegiatan Penilaian Harian (PH1) Bahasa Inggris untuk mengevaluasi materi di KD 3.5 tentang Announcement Text.  Ujian PH1 ini dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan aplikasi plickers dan bertempat di Laboratorium Bahasa, Selasa (31/01/2023).

Menurut guru mata pelajaran Bahasa Inggris Suharni, sesuai dengan program semester yang telah disusun sebelumnya, hari ini merupakan jadwal pelaksanaan PH1 di kelas X Agama A. 

“Siswa siswi di kelas ini telah mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris selama 4 kali pertemuan, dan pada akhir bulan Januari ini merupakan waktu untuk mengevaluasi tingkat pemahaman mereka terhadap materi Announcement text (Teks Pemberitahuan)  yang telah diajarkan sebelumnya”, Ucap Suharni.

Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK) pada materi ini adalah siswa mampu membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks announcement dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah sesuai dengan konteks penggunaannya. 

“Terkait dengan evaluasi IPK ini, maka saya menggunakan aplikasi plickers untuk jenis ujian tulis dan speaker Bluetooth pada jenis ujian listening (kemampuan mendengar).  Saat ujian tulis sedang berlangsung, seluruh peserta ujian memegang kartu plickers masing-masing, sambil membaca narasi soal pada layar infokus.  Setelah mendapatkan jawaban yang tepat, mereka akan mengangkat kartunya dan selanjutnya dilakukan proses scanning langsung dari HP Android guru”, Jelasnya lebih lanjut.

Saat semua jawaban telah terscan, maka siswa akan melanjutkan untuk menjawab soal berikutnya.  Demikian seterusnya hingga seluruh soal tertulis yang nampak pada layar selesai dikerjakan.  Secara keseluruhan siswa merasa senang mengikuti ujian melalui aplikasi plickers ini.  Menurut mereka plicker bikin ujian jadi seru dan asyik karena mendorong mereka untuk lebih fokus dalam menganalisa soal saat akan menentukan jawaban. 

(SH-MAN Biau)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex