KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
19 April 2021 0:0:0 975

Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tahun 2021, Kemenag Banggai Laut Lakukan Persiapan

Ket: Plh. Kepala Kankemenag Rustam Ando, didampingi Kepala Seksi Haji Dan Bimas Islam Ramudin Kadja, saat berikan arahan pada Rapat Persiapan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan, Senin (19/04/21) diruang pertemuan Kemenag Banggai Laut


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Plh. Kepala Rustam Ando menghadiri sekaligus memberi arahan pada Rapat Persiapan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan PNS dan Non PNS Tahun 2021, Senin (19/04/21) diruang Pertemuan Kantor Kemenag Banggai Laut.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam Ramudin Kadja.

Dalam laporannya, Ramudin menyampaikan bahwa pertemuan ini dalam rangka mensosialisasikan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 335 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan.

"Pemilihan penyuluh Agama Islam teladan ini tidak hanya diikuti oleh Penyuluh PNS, akan tetapi bisa diikuti juga oleh Penyuluh Non PNS, sebagaimana telah diatur dalam Surat Keputusan Dirjen tersebut, jelas Ramudin.

Lanjutnya bahwa jumlah peserta yang akan dilombakan ditingkat Nasional terdiri dari 1 (satu) orang Penyuluh Agama Islam PNS dan 1 (satu) orang Penyuluh Agama Islam Non PNS Teladan Tingkat Provinsi.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Plh. Kepala Rustam Ando menyampaikan agar seluruh penyuluh dapat berpartisipasi untuk mengikuti pemilihan penyuluh teladan baik PNS maupun Non PNS.

"Siapapun yang nantinya akan terpilih pada pemilihan tingkat Kabupaten, agar dapat berpartisipasi untuk mengikuti seleksi lanjutan pada tingkat Provinsi bahkan Nasional" tegas Rustam.

Rustam juga menyampaikan bahwa waktu penyelenggaraan seleksi Tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada Bulan Mei, Tingkat Provinsi pada Bulan Juni, dan pada Tingkat Nasonal sekaligus pengumuman Pemenang dilaksanakan pada Bulan September 2021.

Akhirnya Plh. Kepala Kankemenag mengingatkan bahwa Penyuluh Agama Islam pada hakikatnya adalah pelaku dakwah yang menyampaikan pesan agama melalui bahasa agama yang baik.

"Penyuluh Agama sebagai penyejuk dan penyambung lidah atau informasi dari Kementerian Agama kepada masyarakat, olehnya itu bahasa agama yang disampaikan haruslah lebih santun, dan tidak mengandung unsur negatif apalagi profokatif" terangnya. (SU)

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex