- Kontributor
3 Desember 2021 0:0:0 160

Hadiri Seminar Indeks kerukunan Kota Palu, Ini Yang Disampaikan Kakankemenag

Ket: Kakankemenag saat memberikan materi pada seminar Indeks Kerukunan Umat di Kota Palu


 

Palu (Kemenag Sulteng) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu menghadiri pelaksanaan Seminar Indeks Kerukunan Umat Beragama Kota Palu Tahun 2021, di Ruang Bantaya Balai Kota Palu. Rabu (01/12/2021).

Acara yang dibuka oleh Wakil Wali Kota, Reny Lamadjido ini diikuti oleh peserta dari kalangan ASN Pemkot (hingga ditingkat kelurahan), ASN Kemenag Kota Palu (Perwakilan Bimas/penyuluh agama), BPS, Pemuda Lintas Agama, dan FKUB.

Dalam seminar ini Kakankemenag Kota Palu dipercayakan menjadi salah satu narasumber. Dirinya mengawali materi dengan berangkat dari visi Kementerian Agama.

“Didalam Visi, Kemenag berupaya menjadi lembaga, yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju,” ungkapnya.

Terkait kerukunan, Nasruddin menambahkan, dari visi yang ada kemudian dirumuskan menjadi misi,  yakni  terwujudnya masyarakat yang taat beragama, maju, sejahtera, cerdas, dan saling menghormati antar pemeluk agama dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong,

“Ahamdulillah kerukunan hidup umat beragama terjaga dengan baik, Karena mulai dari tokoh agama, penyuluh agama PNS maupun Non PNS telah melakukan sosialisasi, secara langsung maupun tidak langsung hal ini turut mengimplementasikan visi-misi Kemenag untuk membangun hubungan yang harmonis lintas agama, sehingga  dapat dikatakan kerukukan hidup umat beragama terjaga dengan baik,” jelas Nasruddin.

Selaku kakankemenag, Nasruddin bersyukur, terwujudnya kerukunan umat di Kota Palu juga tidak terlepas dari sikap yang moderat, toleransi, kesetaraan dan kerjasama dari tokoh agama dan pemeluk-pemeluk agama.

“Untuk membangun kerukunan hidup kerukunan bergama diperlukan sikap yang tasamuh, toleran, tawazun, berpikir inklusif dan bertindak pluralis. Sikap-sikap keagaman itu dapat membangun kerukunan beragama,” pungkasnya.

Selain Kakankemenag Kota Palu, Ketua MUI Kota Palu, Prof. Zainal Abidin, Akademisi sekaligus Ketua Dewan Adat Kota Palu, Dr. Timudin Mangera Bouwo, serta Ketua FKUB Kota Palu, Ismail Pangeran juga menjadi narasumber dalam seminar kali ini.

(Fuad)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex