- Kontributor
8 April 2022 0:0:0 168

MAN 2 Kota Palu Gelar Pelatihan Mubalig dan Mubaligah

Ket: Kepala MAN 2 Kota Palu, Moh. Syamsu Nursi saat menyematkan tanda peserta pelatihan muballigh/muballighah MAN 2 Kota Palu


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Safari Ramadhan merupakan salah satu kegiatan rutin MAN 2 Kota Palu yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini sempat terhenti karena pandemi Covid -19. Tahun ini MAN 2 Kota Palu kembali mempersiapkan muballigh dan muballighah mudanya untuk kembali turun dalam program safari Ramadhan 1443 H/2022 M.

Pelatihan muballigh dan muballighah ini dibuka oleh Kepala Madrasah Moh. Syamsu Nursi di masjid Al-Ikhlas MAN 2 Kota Palu, Selasa (5/4).

Menurut Kamad Syamsu, MAN 2 Kota Palu selalu berkomitmen mewujudkan visi madrasahnya, yaitu membentuk insan yang Islami, unggul, terampil dan berdaya saing tinggi, serta berwawasan lingkungan.

Selain itu, dalam membentuk siswa yang memiliki keterampilan khususnya dalam bidang agama, MAN 2 Kota Palu melakukan pengembangan bakat dakwah dan khutbah siswa. Pengembangan ini sebagian besar dicapai melalui kegiatan Safari Khutbah Jum’at yang terus berlangsung hingga kini dan Program Safari Ramadhan.

Pelatihan Mubaligh dan Mubalighah adalah salah satu upaya dalam mempersiapkan kegiatan Safari Ramadhan. Dalam pelatihan yang berlangsung hingga Jumat 7 April 2022 ini, peserta dibekali dengan pemahaman tentang etika dan manajemen dakwah, tantangan dan problematika yang akan dihadapi dalam berdakwah, serta retorika dalam berdakwah.

Pemateri dalam pelatihan ini melibatkan guru MAN 2 Kota Palu yang berpengalaman dalam dunia dakwah di Provinsi Sulawesi Tengah. Pada praktiknya, seluruh peserta diberi kesempatan untuk tampil berdakwah.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 30 orang, terdiri atas santri IBSDM maupun siswa reguler MAN 2 Kota Palu. Setelah melalui seleksi dan uji praktek, 20 orang peserta dipilih untuk turun berdakwah di beberapa masjid di wilayah  Kota Palu. Sesuai jadwal, Safari Ramadhan akan berlokasi di masjid di wilayah Sigi Biromaru dan Palu Barat.    

Ketua panitia Moh Rifaldi, berharap kegiatan bernilai positif ini terus dilaksanakan secara rutin di setiap tahun. Dia yakin pembimbingan yang kontinu dan intensif akan mampu menciptakan siswa yang profesional dalam berdakwah dan kelak dapat tumbuh menjadi figur pemimpin umat di masa depan.   

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kota Palu, Moh. Syamsu Nursi berharap agar para siswa yang turun dapat menjadi penyejuk bagi umat melalui dakwah yang akan disampaikan. Menurutnya, pengetahuan serta pemahaman tentang keislaman yang dikenyam selama menuntut ilmu di madrasah, sudah saatnya untuk disampaikan kepada umat meskipun secara perlahan.

Syamsu juga berpesan agar para mubalig dan mubaligah yang terpilih harus selalu menjaga etika dalam berdakwah, harus selalu menjunjung tinggi prinsip toleransi dalam keberagaman. Syamsu berharap, kegiatan rutin yang melibatkan siswa ke masyarakat dapat menjadi ajang bagi promosi eksistensi MAN 2 Kota Palu di tengah masyarakat.

Program Safari Ramadhan akan memberi keyakinan kepada masyarakat tentang kualitas pendidikan dan pembinaan di MAN 2 Kota Palu, serta kesungguhan para tenaga pendidik dalam mengoptimalisasi potensi setiap peserta didiknya, pungkasnya. 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex