- Kontributor
26 Januari 2022 0:0:0 455

Kanwil Kemenag Sulteng Gelar Asesmen Kompetensi Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional

Ket: Kakanwil sampaikan laporan panitia saat pembukaan asesmen kompetensi di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng, Rabu (26/1/22)


Palu (Kemenag Sulteng) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Subbag Hukum dan Kepegawaian menggelar asesmen kompetensi Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng, Ulyas Taha, bertindak selaku Ketua Panitia pada asesmen kompetensi yang diikuti oleh 115 peserta yang berasal dari unsur Pejabat eselon III Kanwil Kemenag Sulteng, pejabat eselon III dan IV Kemenag Kab/kota, dan pejabat Fungsional Kemenag se Sulawesi Tengah.

“Pelaksanaan Asesmen/Pemetaan Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional ini meliputi tiga uji kompetensi, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara, yaitu: Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Kompetensi Teknis,” ujar Kakanwil dalam laporannya.

Kakanwil menyampaikan pelaksanaan uji kompetensi sangat penting dilaksanakan sebab bukan hanya untuk kebutuhan pengisian jabatan saja melainkan lebih kepada pemetaan agar dapat diketahui apakah pegawai yang memegang jabatannya masing-masing telah memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan.

“Memiliki kompetensi berkaitan erat dengan pencapaian sasaran yang dituju yaitu performa kinerja yang tinggi dalam mendukung perwujudan visi dan misi organisasi. Olehnya ikutilah asesmen ini dengan sebaik mungkin,” pesan Kakanwil.

Koordinator Bagian Asesmen dan Bina Pegawai Kemenag Republik Indonesia (RI), Asroi, memaparkan bahwa asesmen akan memotret profil kompetensi seluruh pegawai, maka seluruh peserta asesmen diminta untuk menyampaikan apa yang ada pada diri masing-masing dengan jujur dan terbuka sehingga gambaran profil yang didapatkan akan sesuai.

“Profiling adalah pemetaan kompetensi pegawai. Asesmen ini merupakan salah satu tahapan yang akan berkelanjutan ke depannya. Biro Kepegawaian Kemenag RI memiliki milestone untuk beberapa tahun ke depan dan direncanakan asesmen secara masif akan dilaksanakan, diawali dengan asesmen kepada 20.000 orang pegawai Kemenag pada tahun 2023 mendatang menggunakan metode luring dan daring,” ungkapnya.

Usai pembacaan laporan Panitia, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, Nizar membuka kegiatan ini secara virtual. Asesmen ini digelar selama tiga hari, mulai tanggal 26-28 Januari 2022 di aula Kanwil Kemenag Sulteng.

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex