- Kontributor
26 September 2023 0:0:0 128

MAN 1 Parigi Gelar Pemilihan Ketua OSIM

Ket:


Parigi(kemenag sulteng)-Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah Negeri Parigi menggelar Pemilihan Ketua dan wakil ketua pengurus OSIM periode 2023/2024 yang dilaksanakan Senin 25 September 2023 bertempat di aula MAN 1 Parigi.

Pemilihan tersebut dilakukan dengan sistem demokrasi melalui pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah secara terbuka, yang diikuti 2 pasang calon yakni

1. Afdal Maulana berpasangan dengan Raisa sahwa Rahmadina.

2. Putri Nur Komariah berpasangan dengan Fahril.

Kepala MAN 1 Parigi Sunarti yang hadir pada saat itu dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua sebagai sarana pembelajaran bagi peserta didik bagaimana menjalankan demokrasi yang baik, utamanya bagi pemilih pemula .

Peserta didik dapat mengalami langsung serta tahu bagaimana proses pemilihan umum yang benar.

Sunarti juga mengungkapkan kegiatan ini juga sebagai penerapan pembelajaran PPKn dan Sejarah Kebudayaan Indonesia pada materi demokrasi, yakni kegiatan yang di simulasikan sesuai dengan situasi yang sesungguhnya.

OSIM merupakan sebuah wadah organisasi menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu.

OSIM dapat memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. 

Selain itu, OSIM juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa.

Kedepannya Sunarti mengharapkan semoga semua pengurus OSIS Masa Bakti 2022/2023 mampu mengemban tugas dan fungsinya dengan baik untuk memajukan madrasah dalam membangun generasi yang religius, cerdas, madiri, dan peduli lingkungan.

Sementara itu Sarjan SPd selaku Pengawas Pemilih yang merupakan salah seorang guru di MAN 1 Parigi mengatakan kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM dimulai pukul 08.00, berlangsung tertib dan lancar.

Saat proses pemungutan suara peserta didik, tetap melaksanakan proses belajar mengajar, sambil menunggu jadwal dan giliran untuk menyalurkan hak pilihnya.

Selanjutnya penghitungan suara dilakukan hingga pukul 12.30 yang disaksikan pengawas dan para saksi-saksi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Pasangan calon nomor urut 1. Afdal Maulana/ Raisa Sahwa Rahmadina mendapatkan 78 suara dan pasangan calon nomor 2. Putri Nur Komariah/Fahril mendapatkan 149 suara.

Dengan demikian pasangan no urut 2 Putri Nur Komariah/Fahril berhasil memenangkan pemilihan tersebut.

Adapun jumlah keseluruhan pemilih di MAN 1 Parigi berjumlah 277 orang, suara sah berjumlah 227 dan 2 suara yang dinyatakan tidak sah, serta 48 suara tidak mengikuti pemilihan.

Sarjan mengucapkan terima kasih dan pengharhagaan setinggi-tingginya kepada seluruh siswa-siswinya atas terselenggaranya pemilihan ketua OSIM dengan jujur, adil, sportif dan bertanggung jawab.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM di hadiri oleh Kepala Madrasah, Wakamad, Dewan Guru, Kaur Tata Usaha dan Staf pegawai lainnya.(ifl/Ahdal)

OSIS merupakan sebuah wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. OSIS juga bisa berfungsi sebagai pencegah.

Editor: kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex