- Kontributor
11 Maret 2022 0:0:0 121

Kasi Bimais Kemenag Balut Letakan Batu Pertama Masjid Al-Ikhlas

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam Ramudin Kadja, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut memberikan sambutan dan meletakan batu pertama pada pembangunan masjid Al-Ikhlas Kendek, Kecamatan Banggai Utara, Kamis (10/03/22).

Peletakan batu pertama sebagai simbol bertanda di mulainya pembangunan masjid. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, Wakil Bupati Banggai Laut, Ablit H. Ilyas, Kakankemenag Banggai Laut, Sekretaris Daerah Banggai Laut Ruslan, unsur TNI, para pimpinan OPD, Camat Banggai Utara, Kepala Desa Kendek, tokoh agama dan tokoh masyarakat

Dalam sambutannya, Ramudin Kadja, menyampaikan masjid merupakan tempat beribadah umat Islam, saat ini masjid mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dalam bentuk bangunan maupun fungsi dan peranannya.

"Masjid selain menjadi tempat beribadah (salat) juga berfungsi dan berperan penting dalam perkembangan umat muslim sebagai tempat sarana menuntut ilmu, tempat musyawarah dalam membahas persoalan umat, pusat dakwah, tempat pendidikan, tempat akad nikah dan sebagai tempat perlindungan" Sambungnya

Ustad Ramudin, sapaan akrabnya, juga mengatakan bahwa kemajuan masjid tergantung pada kita sebagai umat Islam mau dan tidaknya memakmurkan masjid. Mengutip Al-Qur’an surah At- Taubah ayat 18, dijelaskan "hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian  serta tetap menegakkan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (Kepada Siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang  yang mendapat petunjuk, ungkapnya.

Berdasarkan ayat tersebut, memberikan penekanan bahwa pembangunan masjid merupakan manifestasi keimanan dan hanya orang-orang yang berimanlah yang sanggup memakmurkan masjid, tutupnya.

Usai memberikan sambutan, selanjutnya, peletakan batu pertama secara simbolis diawali oleh Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa dan diikuti Wakil Bupati Banggai Laut Ablit H. Ilyas, Kakankemenag Banggai Laut dan Sekda Banggai Laut Ruslan . (MH)

 

 

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex