- Kontributor
14 April 2022 0:0:0 237

Pesantren Ramadhan Membentuk Karakter Umat Yang Bertaqwa

Ket: Kakankemenag Banggai Laut diwakili Kasi Pendis Ansar, saat memberikan sambutan pada kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H.


Banggai Laut ( Kemenag Sulteng ) - Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Banggai Laut menggelar Kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H, dengan mengusung tema "Anggun Dalam Moral, Unggul Dalam Intelektual," yang di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut diwakili Kepala Seksi Pendidikan Islam Ansar, Rabu (13/04/22) diruang Kelas MIN Banggai Laut.

Kegiatan diawali dengan pembacaan zikir sholawat dan Surah-surah pendek ayat suci Al-Qur'an oleh Siswa-siswi MIN Banggai Laut yang dipandu oleh Ustad Budianto Sadaang selaku ketua pelaksana.

Dalam sambutannya, Kasi Pendis Ansar, mengapresiasi Kepala Madrasah MIN Banggai Laut yang telah melaksanakan program kegiatan Pesantren Ramadhan.

"Pesantren ramadhan mengambarkan ciri khas dari madrasah, inilah yang membedakan kita dengan sekolah umum. Olehnya itu, bagaimana kita terus melakukan pembinaan akhlak dan membentuk karakter yang religius pada anak didik kita." ungkapnya

"Kecerdasan intelektual tanpa diikuti dengan karakter dan akhlak yang mulia tidak akan memiliki nilai lebih. Maka dari itu, karakter dan akhlak adalah sesuatu yang sangat mendasar dan saling melengkapi" imbuhnya

Selain itu, Ansar juga menjelaskan tentang empat hal ciri generasi muda islam yang berkualitas yakni pertama, beriman dan betaqwa kepada Allah SWT, kedua, memiliki pengetahuan, ketiga, memiliki akhlakulkarimah yang baik, dan yang keempat, sehat jasmani dan rohani.

Sementara itu, Kepala Madrasah Normasita Ladjin, melaporkan bahwa kegiatan hari ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Siswa/siswi MIN Banggai Laut

Dijelaskannya, selain mengikuti kegiatan pesantren, para siswa/siswi mendapatkan materi pembelajaran mulai dari Kajian Fiqih, Akhlakulkarimah, kajian surah terkait puasa dan zakat serta kisah para rasul, yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 23 sampai dengan 18 April 2022, secara berjenjang mulai dari kelas 4 sampai kelas 6. (MH)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex