- Kontributor
28 Februari 2020 0:0:0 395

Kakankemenag Palu, Pembangunan Masyarakat Beragama Adalah Pembangunan Masyarakat Itu Sendiri

Ket: Kakankemenag Palu Masum Rumi.


Palu (Humas Kemenag) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Ma’sum Rumi,  Tampil sebagai pemateri pada hari kelima Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) yang dilaksanakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado bertempat di Aula MTsN 2  Kota Palu, Jum’at (28/2/20).

Dalam kesempatan tersebut  Ma’sum Rumi membawakan tema  Pembangunan Bidang Agama kepada 30 orang peserta  yang merupakan guru-guru madrasah dan pengawas dilingkup Kemenag Palu.

Menurut Kakankemenag Palu Tersebut,  agama mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis, terutama sebagai landasan spiritual, moral dan etika dalam kehidupan umat beragama dan dalam pembangunan nasional. Lanjutnya, agama berfungsi sebagai sistem nilai yang wajib dapat dipahami, dihayati dan diamalkan oleh seluruh pemeluknya, serta dapat menjiwai kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagai  bagian dari Kementerian Agama kita diharapkan mampu memberikan suri tauladan kepada masyarakat, karena lembaga kita adalah lembaga yang diamanatkan pemerintah untuk mengurus agama (pembangunan bidang agama)," ungkapnya.

Terkait perkembangan umat beragama, Ma’sum menggambarkan  kondisi umat beragama kedepan dari berbagai aspek.
“Diperkirakan, Kondisi umat beragama kedepan  akan mengalami banyak perkembangan, meningkatnya interaksi antara agama dan politik, meningkatnya kesejahteraan ekonomi sebagian umat beragama yang berakibat semakin lebarnya gap antara kaya dan miskin, Kemajuan teknologi dan informasi yang terus meningkat yang dialami umat beragama serta  semakin heterogennya masyarakat ditiap daerah khususnya perkotaan,” jelasnya. 

Ma’sum juga  berpesan kepada  peserta DDWK agar dapat berperan sebagai “fasilitator” bagi masyarakat utamanya dalam hal-hal yang berhubungan dengan kementerian agama. Menurutnya, tugas pemerintah dalam hal ini (Kementerian Agama)  dalam pembangunan bidang agama adalah memfasilitasi kepentingan masyarakat beragama tersebut sesuai dengan tupoksi badan pemerintah lainnya. Karena pembangunan masyarakat beragama adalah pembangunan masyarakat itu sendiri.

(fuad)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex