- Kontributor
12 Juni 2021 0:0:0 165

Tutup Diklat DDWK, Ridwan Sampaikan Moderasi Beragama sebagai Paradigma Berpikir dalam Beragama

Ket:


Ampana, (Humas Kemenag)- Memasuki hari keenam Diklat DDWK (Diklat Dalam Wilayah Kerja) dengan inti materi moderasi dalam beragama adalah hari terakhir dari penyelenggaraan Diklat tersebut, pukul 10:00 WITA Kasi Bimas Islam Kemenag Touna H. Ridwan L. Lawenga  mewakili Kankemenag Touna  menutup Diklat DDWK tersebut yang di dampingi ketua Panitia Diklat DDWK dan WI BDK Manado.

Dalam laporan kepanitiaannya menyebutkan kembali dari pada tujuan diklat DDWK tersebut yakni agar peserta Diklat dapat memahami Moderasi kerukunan beragama sehingga dapat menerapkan nilai-nilai Moderasi dalam lingkungan Penyuluh terutama ketika di masyarakat, Diklat tersebut yang di ikuti sebanyak 30 peserta berjalan dengan baik tertib dan materi di anggap telah di pahami oleh peserta.

Menurut nya pelatihan DDWK dengan tema Moderasi beragama yang di laksanakan di wilayah Kemenag Tojo Una-Una ini adalah sasaran pesertanya adalah Penyuluh Non PNS baik yang beragama Islam, kristen dan Hindu di lingkungan Kantor Kemenag Tojo Una-Una agar nantinya dapat mentransformasikan hasil diklat pada Masyarakat khususnya wilayah binaannya. dalam Diklat itu penilaian pun di sasar dari unsur sikap dan perilaku peserta dan juga unsur pendalaman Akademik serta pemberian post tes, nantinya semua peserta yang mengikuti Diklat akan di berikan sertifikat program Diklat moderasi beragama.

Dalam prosesi penutupan Diklat tersebut H. Ridwan Lawenga turut memaparkan kesimpulan atas materi Diklat yang di berikan oleh BDK (Balai Diklat Keagamaan) Makassar, menurutnya Moderasi itu adalah paradigma berfikir dalam beragama sehingga dalam beragama dan Implementasi dalam kehidupan sehari-hari kita tidak boleh merasa yang paling benar, tidak mau menganggap kelompok lain atas kebenaran yang di yakini.

H.Ridwan mengharapkan bahwa negara Indonesia adalah negara yang unik, negara yang dalam penerapan Moderasi bergama paling baik. Peserta yang ikut ini merupakan pilihan dari setiap kecamatan yang di Lingkup Kemenag Kab. Tojo Una-Una sehingga ilmu yang didaptkan dalam diklat ini merupakan cerminan sebagai seorang Penyuluh Agama yang berintegritas, tandasnya.

Dengan demikian sebelum menutup Diklat tersebut H. Ridwan  berharap dari hasil Diklat DDWK ini yang berlangsung 12 s.d 17 Juni 2021 ini membwa pencerahan bagi para peserta yang dapat merubah paradikma berfikir kita dalam beragama sehingga kita tidak dengan mudah men Justifikasi orang lain yang berbeda pemahaman atau pandangan keagamaan.

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex