- Kontributor
23 November 2019 0:0:0 797

Kakanwil, kehidupan beragama tanggungjawab kita semua

Ket: Foto bersama usai acara pembukaan rapat kerja


Palu(Kemenag Sulteng ),- Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan rapat kerja bertempat di Swisbell Hotel, Jumat (22/11/2019) malam.

Kehidupan beragama menjadi tanggungjawab kita semua terutama tokoh-tokoh agama. Peran para tokoh agama dalam situasi dan kondisi saat ini menangkal radikal dan terorisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan menciderai kerukunan umat beragama, kata Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke, saat memberikan sambutan dalam rapat kerja FKUB se Sulawesi tengah.

"saya harapkan jajaran FKUB tidak putus asa untuk selalu mengikhtiarkan, mengupayakan agar seluruh anak bangsa kembali memahami dan mengamalkan ajaran agama".

FKUB sebagai kepanjangan tangan pemerintah sesuai dalam peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah/wakil kepala daerah, dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama dan pendirian rumah ibadah.

Ia menjelaskan, bahwa dalam peraturan bersama dinyatakan bahwa FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. Dengan demikian, FKUB lembaga memiliki mandat resmi dari pemerintah untuk mengurus persoalan kerukunan umat beragama tanpa mengabaikan peran kelompok sipil lainnya. 

FKUB sudah menjalankan mandatnya, Alhamdulillah, bulan lalu telah diresmikannya tugu kerukunan di Desa Tambarana kabupaten poso oleh Bupati Poso.  Selain itu, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak polda dengan pengurus mudah mudahan lancar, kita akan lakukan disemua Kab/Kota di sulteng, dalam rangka menjaga kerukunan di provinsi sulawesi tengah, tuturnya.

Acara ini dihadiri ketua asosiasi FKUB Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, wakil sekjen asosiasi FKUB I Gede Nurjaya, Gubernur Sulteng, Ketua DPRD Sulteng, Danrem 132 Tadulako, Kapolda Sulteng, Ketua FKUB Sulteng, Kakan Kemenag Kab/Kota, Pengurus FKUB Kab/Kota, Majelis Agama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Lintas Agama.

( Ula/san )

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex