- Kontributor
13 Februari 2020 0:0:0 761

Kemenag Sulteng Laksanakan Rekrutmen Tahap Kedua PPIH

Ket: Serah terima berkas tes tertulis dan wawancara petugas haji dari Dirjen PHU kepada Kemenag Sulteng


Petugas Haji diminta miliki Kemampuan Manajerial dan Fikih

Palu (Kemenag Sulteng) - Rekrutmen Tahap II Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah 1441H/2020M dilaksanakan Kamis, 13 Februari 2020.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Lutfi Yunus membuka dengan resmi pelaksanaan Tes tahap kedua di Hotel Santika Palu. 

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Perencanaan Anggaran Operasional haji Direktorat Jenderal Penyelenggara haji dan Umrah Kemenag RI, Handi Adji Sentana yang melakukan supervisi Seleksi dan Tes Calon Petugas Haji.

Dalam sambutannya Lutfi menegaskan kepada petugas haji agar memiliki Kemampuan memenej jamaah haji, mampu melayani jamaah baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dan memiliki wawasan fikih. 

“Diharapkan Kepada PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter yang akan lolos, mereka dituntut dalam kemampuan manajerial, dan yang kedua dituntut dalam wawasan fikih haji” tegasnya

Lutfi mengatakan bahwa Jamaah haji nantinya akan banyak meminta penjelasan bahkan hal yang tidak bisa diduga, sehingga wawasan ibadah haji, manasik haji harus dimiliki petugas haji. 

Rekrutmen tahap kedua ini diikuti 49 peserta dengan rincian, petugas PPIH Arab Saudi 21 orang, Petugas TPHI 17 orang dan petugas TPIHI 11 orang. 

Lutfi juga menjelaskan perihal kebijakan Kanwil Kemenag Sulteng, bahwa petugas haji yang direkrut adalah mereka yang belum pernah menjadi petugas haji atau ASN yang pernah menjadi petugas haji minimal lima tahun sebelumnya. Menurutnya, kebijakan tersebut sudah sesuai dengan Juknis dan pedoman yang diatur, karena setiap wilayah diberikan wewenang membuat regulasi.

Rekrutmen tahap kedua ini dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) berbasis smartphone android dan wawancara.

Peserta yang mengikuti tes ini adalah peserta yang dinyatakan lulus pada rekrutmen tahap pertama dari seluruh Kemenag Kab/Kota dan Kanwil yang berjumlah 49 orang, dengan rincian 21 PPIH Arab Saudi, 11 Petugas TPIHI dan 17 Petugas TPHI.

Adapun rincian formasi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Sulawesi Tengah Tahun 1441H/2020M adalah sembilan orang petugas kloter (Ketua Kloter/Pembimbing Ibadah), tujuh orang  PPIH Arab Saudi yang bertugas pada Bidang pelayanan konsumsi dan Bidang pelayanan akomodasi berjumlah masing-masing dua orang, dan Bidang pelayanan ibadah, Bidang pelayanan transportasi dan Bidang pelayanan data dan Siskohat masing-masing berjumlah satu orang. (lilis)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex