- Kontributor
14 April 2023 0:0:0 65

Kakankemenag Bersama Pemkot Palu Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag. saat memberikan arahan pada rapat Pertemuan dengan Pemkot Palu dan Unsur SKPD di Kantor Walikota Palu


Palu (Kemenag Sulteng) -- Dalam rangka persiapan pelaksanaan hari raya idul fitri 1444 H / 2023 M di Kota Palu, Setda Pemkot Palu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Palu menggelar rapat persiapan dengan unsur terkait yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bantaya Lantai III Kantor Walikota Palu, Kamis (13/04/2023).

Pertemuan dihadiri oleh Sekot, Irmayanti, Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, Kabag Kesra, Abdul Arief, perwakilan dari Polres, FKUB Kota Palu, Ismail Pangeran serta SKPD terkait tersebut membahas tentang tempat dan teknis pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Sekot Kota Palu, Irmayanti dalam sambutannya mengungkapkan pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun 1444 H /2023 M di lapangan Vatulemo Kota Palu, begitu pula dibeberapa tempat yang strategis baik dilapangan maupun di Masjid-Masjid di kelurahan se Kota Palu.

Menurutnya, pelaksanaan hari raya idul fitri kali ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan terhadap jamaah dalam melaksanakan ibadah, olehnya itu kepada semua SKPD terkait agar mempersiapkan segala sesuatunya yang dapat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut dengan baik dan lancar.

Sekot Irmayanti mengingatkan kepada peserta rapat dan semua SKPD untuk menyiapkan teknis kegiatan tersebut dengan baik. “Pada malam takbiran SKPD terkait harus terlibat memantau dalam rangka mengetahui tempat-tempat shalat hari raya idul fitri demi menyukseskan kegiatan ini, begitupun publikasi sangat diperlukan agar semua warga kota secara emosional mengetahui dan terlibat langsung,” tutur Irmayanti.

Kesempatan yang sama Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu menyampaikan bahwa yang akan bertindak sebagai Khatib dimasing-masing tempat shalat hari raya agar dapat diseleksi dengan baik, paling tidak mereka yang khatib dipastikan memiliki pemahaman agama yang moderat.

Ia juga menjelaskan bahwa para ahli hisab dan ru’yah, telah memantau dan melakukan penghitungan bulan sejak beberapa hari lalu. Dari hasil tersebut, ada kemungkinan 1 syawal 1440 H jatuh pada hari sabtu tanggal 22 April 2023, walaupun pihak Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 syawal jatuh pada hari Jumat tanggal 21 April 2023.

"Tetapi untuk kepastian penetapan satu syawal 1444 H kita tetap merujuk kepada pemerintah melalui Kementerian Agama RI pada sidang Isbat penetapan satu syawal yang rencananya akan digelar tanggal 20 April 2023," ungkapnya.

Sementara itu Kabag Kesra Kota Palu, Abdul Arief menuturkan bahwa semua SKPD terkait, camat dan lurah se Kota Palu agar memperhatikan tempat-tempat pelaksanaan shalat hari raya Idul Fitri masyarakat, tentunya agar jamaah nyaman, aman dan tertib bebas dari hal-hal yang tidak diinginkan demi untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Senada dengan Sekot, Kabag Kesra Muhamaad Arief menyampaikan kepada peserta rapat dan semua SKPD untuk menyiapkan teknis kegiatan tersebut dengan baik. Kami berharap kepada panitia, dan pihak terkait bisa mengatur dan menertibkan jamaah dalam pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M. (kasman)

Editor: Muhammad Kasman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex