- Kontributor
20 November 2019 0:0:0 413

MTQ PARIMO DIBUKA : KAKANKEMENAG INGATKAN UMAT WASPADAI GERAKAN RADIKALISME

Ket:


Parigi(inmas kemenag)-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XV tingkat Kabupaten Parigi Moutong di Kecamatan Ongka Malino resmi dimulakan, bertempat di Lapangan Sepak Bola Malino, Senin malam 18 November 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong Muslimin MSi memulai sambutan dengan memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat Kecamatan Ongka Malino.

Muslimin mengatakan, MTQ merupakan agenda tahunan dan telah melekat dikultur masyarakat. Namun menurutnya hal tersebut jangan dianggap tidak mempunyai dakwah pesan Islam, karena kata ia disetiap event penyelenggaran MTQ sudah sepatutnya memperbaharui dan memantapkan niat bahwa penyelenggaran MTQ merupakan ibadah. 

"Kegiatan MTQ, mari kita jadikan ibadah, karena yang dimusabaqahkan adalah kalam ilahi atau firman Allah SWT,"ungkapnya.  Muslimin dengan kegiatan ini masyarakat dapat senantiasa mempelajari dan memahami Al Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup insan paripurna. 

Kakankemenag juga mengingatkan kepada umat islam agar mewaspadai dan tidak terjebak paham radikalisme, intoleran terhadap satu agama, suku atau kelompok lainnya. Karena hal tersebut tidak sesuai dengan ajaran agama khususnya di wilayah Republik Indonesia.

Sementara itu Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong H. Arman Maulana MSi, saat membuka acara mengatakan melalui perhelatan MTQ tingkat Kabupaten di bumi Songu lara mombangu ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merefleksi, berdzikir dan bertafakur untuk membangun ahklak dan peradaban.

Lantunan Al Quran yang nanti dibacakan dengan alunan suara yang indah, ditulis dengan karya seni yang tinggi pada MTQ ini dapat melahirkan generasi generasi yang mempunyai kecerdasan spritual, kecerdasan sosial, kecerdasan moral,  sebagai modal untuk membangun bangsa khususnya di Kabupaten Parigi Moutong yang kita cintai.

Melalui kesempatan ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, pertama saya tidak henti hentinya menyampaikan kepada seluruh Kafilah untuk tidak menggunakan jasa Qori dan Qoriah dari luar Kabupaten Parigi Moutong.

Apabila hal itu masih ditemui maka kita akan berikan tindakan tegas. Daerah kita Parigi Moutong sudah membuktikan kesungguhan dan kemampuan kita dengan meraih predikat terbaik pada ajang MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali beberapa waktu yang lalu. 

Jadi untuk apa menggunakan tenaga transfer, jika anak anak kita di daerah ini jauh lebih baik. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Parigi Moutong, anggota DPRD, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Pimpinan OPD, Ketua LPTQ, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), para Camat, para Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Parigi Moutong. 
(Rislan/Ahdal)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex