KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
14 Desember 2023 0:0:0 94

Monitoring dan Evaluasi IKM di MAN IC Kota Palu Oleh Subkor Kurikulum dan Evaluasi KSKK Dirjen Pendis Kemenag RI

Ket: Foto Bersama Dr. Zulkifli Subkor Kurikulum dan Evaluasi KSKK Dirjen Pendis Kemenag RI dengan TIM IKM MAN IC Kota Palu


PALU(Kemenag Sulteng) – Sub Koordinator Kurikulum dan Evaluasi KSKK Dirjen Pendis Kemenag RI memonitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  Insan Cendekia (IC) Kota Palu. (Kamis, 14/12/2023).

Kegiatan Evaluasi dan Monitoring pelaksanaan IKM di MAN IC Kota Palu dihadiri langsung oleh, Kepala Madrasah Hj. Mardiati Rosmah, S.Ag., M.Ag.  Januar Rachman, S.Pd., M.Pd,  Rahmi Pertiwi, S.Pd., Sugeng Waloyo, S.Pd, Aminuddin, S.Pd, selaku Wakil Kepala Madrasah, Zaitun, S.Pd.,M.Pd, Muhammad Darwis, S.Ag., M.Pd, Ihsanul Fuad, S.Ag., M.Pd , Riskayati Latief S.Pd., M.Pd selaku Tim IKM-BK MAN IC Kota, Guru MAN IC Kota Palu yang tergabung dalam Tim IKM-BK. sedangkan Subkor Kurikulum dan Evaluasi, KSKK, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, dihadiri oleh Bapak Dr. Zulkifli, S.Ag., M.Si.

Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN IC Kota Palu dimulai dari bulan Juli sampai dengan November, terhitung satu semester implementasi kurikulum merdeka sudah berjalan di MAN IC Kota Palu. 

Pelaksanaan pendampingan dan presentasi laporan implementasi kurikulum merdeka dilaksanakan pada pukul 07.30 Wita s.d selesai, di gedung auditorium ruang pertemuan lt. 2 MAN IC Kota Palu. Muhammad Darwis, S.Ag.,M.Pd selaku Ketua IKM di MAN Insan Cendekkia Kota Palu mempresentasikan langsung pelaksanaan IKM di Madarsah dihadapan Tim dari Subkor Kurikulum dan Evaluasi KSKK Dirjen Pendis Kemenag RI.

Implementasi Kurikulum merdeka di MAN IC Kota Palu sudah berjalan sebagaimana mestinya, penerapannya baru ada di tingkat kelas X. Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Aalaamiin (P5P2RA) juga berjalan sebagaimana mestinya dan diakhir semester nanti kita akan menindaklanjuti dengan presentasi hasil proyek. Dokumentasi pelaksanaan kurikulum merdeka di madrasah dan pendapingan dapat dilaksikan melalui dokumen yang ada. – ungkap Darwis dalam presentasinya.

Selanjutnya, Tim Subkor Kurikulum dan KSKK memberikan Penguatan setelah presntasi laporan dari tim. Guru model harus menjadi rule dan contoh dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di MAN IC Kota Palu. segala hal yang sudah baik dipertahankan dan dikuatkan kembali melalui kerja tim. Penerapan Kurikulum merdeka yang berbeda-beda disetiap madrasah atau wilayah disebabkan adanya perbedaan presepsi atau pandangan mengenai penerapan kurikulum tersebut. Untuk itu perlu adanya pemahaman yang lebih tentang kurikulum merdeka melalui beberapa pelatihan, workshop atau diklat terkait yang kurikulum merdeka baik yang dari internal kementerian Agama maupun dari lembaga atau instansi lain, ujar tim Zulkifli dalam arahannya.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex