- Kontributor
26 Oktober 2023 0:0:0 130

Ka.Kankemenag Banggai: IPARI, Angin Segar Moderasi Beragama

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng) - Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) harus menjadi landasan kuat dan mengedepankan nilai nilai beragama, ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai, H. Ma’sum saat membuka Pembinaan, Evaluasi Kinerja Penyuluh Agama dan IPARI Kabupaten Banggai serta Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M. Rabu, 25/10/2023.

H. Ma’sum mengatakan, siapapun yang terpilih menjadi ketua IPARI kab. Banggai harus mampu membangun kerjasama antar anggota untuk bersama-sama berkarya dan menjadi angin segar perubahan yang memberikan solusi dalam bingkai moderasi beragama. Menengahi setiap masalah yang terjadi dalam masyarakat.

Sebagai penyuluh agama harus mampu mengemban amanah mengintegrasikan ajaran agama dengan nilai-nilai kebangsaan. Olehnya itu, moderasi beragama harus di pahami secara utuh untuk menjawab tantangan globalisasi, digitalisasi, dan disrupsi.

Mengingatkan untuk bisa membangun kerjasama kepada seluruh stakeholder di kab. Banggai sebagai wujud keberadaan dan bersama-sama menjaga kedamaian dan kerukunan umat beragama di kab. Banggai. Sehingga persatuan terus terjaga dan program program pembangunan untuk kemaslahatan umat terealisasi dengan baik.

Di kegiatan pembentukan pengurus IPARI yang di langsungkan selama sehari. Perwakilan tiap agama menyampaikan pandangan umum tentang kerukunan umat beragama. Adapun perwakilan dari agama islam disampaikan oleh Kasi Bimas Islam H. Zaenal Abidin, Kristen Protestan disampaikan oleh Kasi Bimas Kristen Jerry H. Moningka, dari Katolik adalah Penyuluh Suhardi, dari Hindu penyuluh I Wayan Sukerta.

Kegiatan di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di lanjutkan dengan mars Moderasi Beragama.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Kab. Banggai Zulfan Kadim di daulat memimpin pemilihan ketua IPARI periode 2023-2027. Dari 7 kandidat perwakilan setiap agama. Drs. Wasiman, M.Si penyuluh agama pada KUA Kec. Toili Barat menjadi yang terpilih sebagai ketua.

Adapun susunan struktur kepengurusan sebagai berikut: Wakil Ketua I: Masruhi, Wakil ketua II: Zuhra, Sekretaris: Rahman Pratiwi, Wakil Sekretaris: I Wayan Sukerta, Wakil Sekretaris 2: Suhardi, Bendahara Halimah, Wakil Bendahara: Helda

Zulfan kadim mengingatkan kepada pengurus IPARI mampu berbuat untuk kabupaten Banggai  

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex