KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
14 Juli 2022 0:0:0 56

Kakankemenag Buka Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah MAN IC Kota Palu

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Dr.H.Nasruddin L. Midu,M.Ag. saat membuka kegiatan pelatihan dan bimbingan karya tulis ilmiah di Hotel D


Palu (Kemenag Sulteng) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag, membuka kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Tenaga Pendidik dam Kependidikan MAN Insan Cendikia Kota Palu, Rabu (13/7/2022) di Hotel D'Kalora, Kabupaten Sigi.

Kakankemenag, Nasruddin L. Midu yang memberikan sambutan saat pembukaan mengapresiasi atas terlaksana nya kegiatan ini. Ia berharap agar kegiatan ini tidak terlewat kan begitu saja bagi para peserta. "Karena para pemateri yang dihadirkan orang-orang yang sangat berkompeten, ada Pak Rektor UIN Datokarama, Prof. Saqqaf Pettalongi, Direktur Pasca Sarjana, Prof. Nurdin, dan PR (Pembantu Rektor) 1 UIN Datokarama, ujarnya.

Nasruddin menambahkan kedepannya kegiatan bimbingan seperti ini bisa ditambahkan jam pelatihannya agar para peserta bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih maksimal terkait penulisan karya ilmiah. "Jadi harus betul-betul dibimbing, " ucapnya.

Menurut Nasruddin, seleksi rekrutmen MAN IC, mulai dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan hingga siswanya yang digelar secara nasional merupakan alasan bahwa MAN IC tidak boleh kalah dengan MAN-MAN reguler dalam segi kualitas. "Harus terus menata diri, memperbaiki dari a sampai z, bahwa MAN IC itu adalah segala-galanya, itu yang mesti ditanamkan oleh tenaga pendidik dan kependidikan, berkualitas dalam berbagai aspek termasuk dalam aspek penulisan karya ilmiah," harapnya.

"Ketika MAN IC membuat program semacam ini, kita semua harus mendukung terutama tenaga pendidik," Tambah Nasruddin. Menurutnya, Tenaga Pendidik MAN IC yang mayoritas merupakan lulusan S2, lewat kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mengasah kemampuan menulis mereka. Dirinya kemudian menjabarkan Visi Kemenag untuk melahirkan MAN IC yang profesional.

"Saya berharap selesai kegiatan ini, para tenaga pendidik utamanya, bisa menuangkan ide-ide cerdasnya untuk ditulis kedalam tulisan ilmiah, apakah nanti dimuat di jurnal atau tempat-tempat yang lain sehingga tenaga pendidik di Indonesia bisa membaca karya dari Tenaga Pendidik MAN IC Kota Palu," Jelasnya.

Lanjutnya, untuk menjawab tantangan dari Visi Kemenag, maka diimplementasikan kedalam Misi. "Salah satu misinya bagaimana agar pendidikan itu berdaya saing, berarti siswa-siswinya harus dapat diandalkan ditingkat regional dan tingkat nasional nasional, dan berhasilnya mereka bergantung pada tenaga pendidik," tegasnya.

Dirinya menambahkan, jika para tenaga pendidik menuangkan seluruh kemampuan dan keikhlasannya dalam mengajar, bukan tidak mungkin ilmu yang ditransfer akan jauh lebih maksimal bagi para siswa dan siswinya. "Ini tentunya butuh perjuangan, kegiatan ini bisa jadi momentum," tutur Nasruddin.

"Kita sudah punya modal, jika ini (menulis karya ilmiah) sudah jadi kebiasaan, maka jika satu semester para tenaga pendidik bisa menghasilkan satu karya ilmiah, maka dalam satu tahun MAN IC bisa melahirkan satu buku, kumpulan-kumpulan tulisan dari kalian, ini bisa mengharumkan nama MAN IC Kota Palu untuk sejajar atau paling tidak mengikuti MAN IC - MAN IC favorit yang lebih dulu berdiri, "pungkasnya.

Sementara itu Dalam laporannya, Muhammad Darwis selaku Plh. Kepala madrasah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program dari Madrasah untuk mengasah kreativitas, kemampuan dan kompetensi dari peserta yang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan di lingkup MAN IC, agar nantinya mereka bisa menuangkan karyanya baik dalam bentuk modul maupun buku.

Dirinya berharap, agar hasil dari pelatihannya ini nantinya bisa ditularkan kepada para peserta didik mereka. "Peserta berjumlah kurang lebih 40 orang tenaga pendidik dan kependidikan. Kami berharap agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena kegiatan ini sangat perlu dan penting untuk kita semua, " ujarnya.

Adapun para narasumber, Darwis menyebutkan MAN IC bersyukur bisa menghadirkan Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd (Rektor UIN Datokarama), Prof. Dr. Nurdin, S.Pd, S.Sos, M.Kom (Direktur Pascasarjana UIN Datokarama) serta Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag (Wakil Rektor 1 UIN Datokarama).

(Fuad)

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex