- Kontributor
16 Maret 2020 0:0:0 323

Calon PPIH Sulteng Ikuti Pembekalan, Kakanwil Sampaikan Hal Ini

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) - Calon Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter asal Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti pembekalan sejak tanggal 14-23 Maret di embarkasi/ debarkasi Balikpapan. Calon PPIH Kloter Sulteng terdiri atas sembilan orang, yakni lima ketua kloter dan empat Pembimbing Ibadah Haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Rusman Langke mengatakan agar PPIH Kloter Sulteng jaga integritas, kekompakan, jaga kesehatan, ikuti pembekalan dengan baik, dan menjaga nama institusi.

“Jaga attitude, sikap, Perlihatkan akhlak yang baik” ujar Kakanwil yang saat itu didampingi Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Lutfi Yunus menerima PPIH Kloter di ruang kerjanya (13/3).

Menurut Kakanwil, di Balikpapan, PPIH Kloter Sulteng juga tergabung dengan calon peserta lainnya yakni calon peserta PPIH kloter dari Kalimantan Timur,  Kalimantan Utara, serta  dari Sulawesi Utara.

Keseluruhannya merupakan satu koordinasi embarkasi/debarkasi Balikpapan ditambah dengan tenaga kesehatan yang jumlahnya tiga orang, yakni satu dokter dan dua tenaga medis dari masing masing provinsi.

Pembekalan tersebut, sifatnya pelatihan kemampuan manajerial dan kempuan Fiqih haji bagi petugas itu sendiri. Menurutnya, pembekalan juga menjadi penentuan siapa yang layak diusul ke dirjen PHU pusat untuk mendapatkan rekomendasi. 

“Jadi lulus atau tidaknya sebagai PPIH kloter dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M ditentukan dari nilai yang diperoleh saat pembekalan tersebut,” jelasnya.

“Olehnya selama kegiatan berlangsung jagalah integritas, menjadi contoh yang baik, panutan, garda terdepan bagi jamaah haji sebagaimana layaknya petugas haji.”

Diakhir arahannya Kakanwil berharap calon PPIH Kloter Sulteng agar selalu menjaga hubungan baik sesama calon petugas, selalu berkoordinasi, kompak antara satu dan lainya. 

Menurut Kepala seksi dokumen dan pendaftaran Bidang PHU, Arifin, Calon PPIH Kloter Sulteng sebagai berikut; Sapri Mariadjang dari Kankemenag Kab. Banggai, Muhammad Ramli dari Kanwil Kemenag Sulteng, Riatman A Nursin Kankemenag Kab Banggai Kepulauan, Mulkin dari Kankemenag Kab Donggala, Ruhuddin Kankemenag Kab Buol, Mohamad Arfan Hakim dari IAIN Palu, Muhammad Saleh dari Kankemenag Kab Buol, Moh Falatehan dari Kankemenag Tolitoli dan Suhardi dari Kankemenag Kab Poso. (lutfi/lilis)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex