KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
HUMAS Ahsan Kontributor
2 Maret 2024 13:49:0 100

Buka SNPDB MAN IC Palu, Kakanwil Sempatkan Menanam Pohon

Ket: Penanaman pohon oleh Kakanwil Kemenag Sulteng


MAN IC PALU(KEMENAG SULTENG),-Kepala Kantor Wilayah(Kakanwil) Kementerian Agama(Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha, membuka pelaksanaan Computer Based Test(CBT) Seleksi Nasional Peserta Didik Baru(SNPDB) MAN IC Kota Palu Tahun Pelajaran 2024/2025 bertempat di halaman MAN IC Kota Palu.

Dalam arahannya Ulyas mengungkapkan secara nasional hari ini 2 Maret 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI secara nasional menyelenggarakan seleksi penerimaan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia(MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan(MAN-PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri(MAKN) Tahun ajaran 2024/2025. Pendaftaran yang dilakukan dengan skema jalur prestasi dan jalur test.

Dijelaskannya MAN IC melakukan seleksi tersendiri diluar dari madrasah aliyah reguler karena secara khusus MAN IC dibawahi langsung Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, untuk Kanwil Kemenag merupakan koordinatif sehingga MAN IC sesungguhnya adalah madrasah yang mandiri karena MAN IC memiliki kurikulum yang langsung diawasi oleh Inspektorat Jenderal Kemenag tidak bisa diintervensi. Olehnya itu masuk di MAN IC itu tidak perlu koneksi, yang perlu itu adalah konektif dalam diri sendiri.

“Ada dua kategori yang dinilai yakni kemampuan akademik dan potensi diri. Olehnya saya meminta kepada anak-anakku untuk belajar dan berdoa agar bisa lulus dalam seleksi ini” kata Ulyas.

Saat ini Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia prestasinya luar biasa dan telah tersebar dibeberapa Provinsi artinya kita ingin anak didik khususnya dari Madrasah ini betul betul keunggulannya itu bisa kita manfaatkan dan pertanggung jawabkan. Sehingga yang mendaftar banyak yang diterima hanya sedikit. Olehnya di Man IC ada standarnya, jadi kalau tidak mencapai nilai yang ditentukan maka tidak lulus, ujarnya.

“Jadi untuk anak-anaknya yang lulus nantinya orangtua murid akan diundang untuk pertemuan dengan guru guru dan Kepala Madrasah MAN IC. Mari kita jaga bersama sama citra dari MAN IC anak anakku disini bukan hanya ilmu yang didapatkan tetapi juga akhlak,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil bersama Kabid Pendidikan Madrasah Kiflin meninjau ruang Computer Based Test(CBT) Seleksi Nasional Peserta Didik Baru. Kakanwil juga menyempatkan  menanam pohon dilingkungan MAN IC Kota Palu bersama Kabid Penmad, Kamad MAN IC dan para guru sebagai bagian dari gerakan penanaman 10.000 pohon yang dilaksanakan oleh MAN IC seluruh Indonesia.

Editor: -
Fotografer: Eko Prasetyo
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex