- Kontributor
26 November 2019 0:0:0 761

Ribuan Santri ikuti Pospenas ke-8, Menag: Santri itu Sehat, Cerdas dan Amanah

Ket: Menteri Agama Jend (Purn) Fachrul Razi saat memberikan sambutan pada malam pebukaan Pospenas ke-8 di Bandung (25/11)


Bandung (Kemenag Sulteng) - Ribuan Santri memenuhi GOR Arcamanik, siap ikuti Pekan Olahraga dan Seni ke-8 di Bandung. Gemuruh suara lantang, para santri mengulang ucapan Menteri Agama, Fachrul Razi, dengan penuh semangat, pada malam pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (POSPENAS) VIII di Youth Center Sport Arcamanik (25/11).

“Santri Indonesiaaa… Sehat, Cerdas, Amanah !!!” Ucap Menag dengan pekik semangat mengajak para santri turut menyebutkan yel-yel tersebut. 

Sehat, Cerdas dan Amanah merupakan tiga hal yang menurut Menag, menjadikan santri sebagai garda terdepan pembangunan bangsa.

“Santri InsyaAllah Sehat” Kata Menag. Karena Santri telah terbiasa bangun sebelum waktu shalat shubuh dan telah terbiasa membaca AlQur’an, sedangkan yang lain masih bersembunyi dibalik selimutnya. 

Selanjutnya, menurut Menag, Santri pasti cerdas, Karena menerima ilmu agama (Islam) yang mumpuni dan juga mengetahui ilmu pengetahuan umum. 

Kemudian Menag mengatakan bahwa Santri mendapat amanah dari pejuang masa lalu, yang mengatakan Kami akan mempertahankan dan melanjutkan kemerdekaan, Selain itu, santri diamanahi oleh Allah SWT nutk meningkatkan iman dan takwa, dan mengisi kemerdekaan sebaik-baiknya.

Pospenas diikuti 1541 Santri dengan berbagai cabang olahraga dan seni, diantaranya; Pidato tiga bahasa, kaligrafi Islam, Hiasan Mushaf AL-Quran, Pidato Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab, Atletik, bola voli, pencak silat, futsal, senam santri, hadang, dan stand up comedy. 

Kontingen Sulawesi Tengah dengan jumlah kontingen sebanyak 22 orang, termasuk Pelatih, official dan 11 peserta yang mengikuti lomba pidato tiga bahasa, kaligrafi, etletik, pencak silat. 

Pospenas dilaksanakan selama enam hari, 25-30 November 2019. Kegiatan ini digelar setiap tiga tahun sekali, dan merupakan kerjasama antar kementerian dengan nota kesepahaman yang disepakati. 

Adapun Kementerian yang dimaksud; Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian terkait lainnya termasuk Pemerintah Daerah Jawa Barat sebagai tuan rumah pospenas. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi. (lilis)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex