KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
21 Maret 2024 12:10:0 159

Kepala KanKemenag Parimo Pantau Pelaksanaan AMBK di MAN 1 Parigi

Ket: Kepala KanKemenag Parimo Pantau Pelaksanaan AMBK di MAN 1 Parigi


Sausu (Kemenag Sulteng) - Memasuki Hari Ketiga pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong As'at Latopada melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi tentang penyelenggaraan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) di MAN 1 Parigi, Rabu 20 Maret 2024.

Rombongan Kepala Kantor Kemenag Parimo bersama bagian Seksi Pendidikan Islam di terima oleh Wakil Kepala Madrasah MAN 1 Parigi bagian Kurikulum Sitti Halidja.

Sebagaimana hasil pantauan langsung di lapangan H. As'at Latopada mengapresiasi MAN 1 Parigi karena telah melaksanakan Asesmen Madrasah dengan Berbasis Komputer (AMBK) yang di dukung dengan sarana dan prasarana yang baik.

Kepada pihak madrasah, Kepala Kantor Kemenag Parimo meminta untuk tetap melakukan kegiatan AMBK ini, sesuai petunjuk penyelenggaraan asesmen madrasah yang diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional  Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

As'at menjelaskan kegiatan Asesmen di madrasah merupakan proses pengumpulan dan pengelolaan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. 

Asesmen madrasah adalah pengganti Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Madrasah (UAM). Artinya Asesmen Madrasah dilaksanakan oleh madrasah masing-masing sesuai kisi kisi yang sudah ditentukan.

Selanjutnya  kepada seluruh pegawai di lingkungan MAN 1, mulai dari Kepala Madrasah, Wakamad para guru dan seluruh staf As'at berharap sebagai Pimpinan yang baru bertugas di kabupaten Parigi Moutong, kiranya dirinya dibantu untuk berkerjasama, bergandengan tangan, mengkordinasikan segala macam penyelenggaraan program yang ada untuk kemajuan Madrasah.

Kepada peserta asesmen, Mantan Kepala Kemenag Morowali ini berpesan agar dalam mengerjakan soal haruslah terlebih dahulu berdoa, membaca soal-soal dengan teliti, cermat, dan jangan terburu-buru karna asesmen ini adalah penentu bagi kelulusan siswa yang mengikutinya.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum Sitti Halidja berharap semoga pelaksanaan AMBK di MAN 1 Parigi dapat berjalan baik, lancar dan sukses.
Halidja menerangkan bahwa sebelumnya, pihak MAN 1 Parigi telah melaksanakan simulasi untuk mengantisipasi segala permasalahan yang akan terjadi pada penyelenggaraan AMBK. 

Kegiatan Asesmen mulai dilaksanakan pada hari senin,18 maret -2024 hingga 28- maret 2024. Adapun jumlah siswa yang menjadi peserta Asesmen sebanyak 72 orang, terdiri 23 orang Kelas XII IPA 2, 26 orang IPS,11 orang Agama dan 22 orang XII IPA2 yang dibagi dalam dua ruangan, ruangan satu di laboratorium komputer, ruangan dua di laboratorium biologi, Asesmen dilakukan dalam tiga sesi yakni dimulai pada pukul 7.15 hingga 14.00 WITA. (Ahdal).

 

 

Tags terkait: Pendis
Editor: Lilis Basira
Fotografer: kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex