Muhammad Kasman Kontributor
29 Januari 2024 8:40:0 190

Raker Bimas Islam, Kakankemenag Kota Palu Dorong Tingkatkan Kinerja

Ket: Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan rapat kerja Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Palu, Senin (29/1/24)


 

Palu, (Kemenag Sulteng) – Seksi bimbingan masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Palu menggelar Rapat Kerja di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Senin, (29/1/2024).

Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja tersebut yang dihadiri oleh Kepala Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, yang diwakili oleh Sofyan Arsyad, Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Palu, H. Burhan Munawir, Ketua pokjaluh, Kepala KUA se Kota Palu.

Menurut Kakankemenag Nasruddin, kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berbanding lurus dengan kinerja peningkatan layanan kepada masyarakat, terutama di Seksi bimbingan masyarakat Islam dan jajarannya yang merupakan garda terdepan dalam melakukan bimbingan penyuluhan dan pelayanan masyarakat.

"Semoga gaji dan tunjangan kinerja naik dan dibayarkan tahun ini, tetapi perlu diketahui kesejahteraan yang diperoleh haruslah dibarengi dengan disiplin dan kinerja yang dihasilkan", ucap Nasruddin dihadapan peserta raker.

Dalam sambutannya, mengungkapkan pentingnya mengedepankan program prioritas Kemenag RI, untuk diimplementasikan dalam bentuk program kerja, walaupun kegiatan tersebut tidak memiliki biaya dalam DIPA, harus tetap jalan, serta dapat memberikan andil di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu melalui kajian Islam mutiara pagi Islami.

“Begitu pula program yang perlu ditindak lanjuti ditingkat Kabupaten/ Kota, terkait dengan moderasi beragama harus menjadi program prioritas di Kemenag kota Palu, dua kelurahan yang menjadi kampung moderasi yang sudah di launching, juga ada kampung zakat, serta kampung binaan”, ungkap Kakankemenag.

“Seksi Bimas Islam merupakan kekuatan dan ujung tombak pelayanan dan bimbingan masyarakat, yang memiliki program dan harus dilaksanakan seperti kegiatan safari jumat, tilawah, dan kajian Islam, termasuk nantinya sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Juni 2024 mendatang”, lanjutnya.

Nasruddin juga menambahkan bahwa harus ada sinergitas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah dengan jajarannya di daerah. Selain itu, dapat mempercepat realisasi program kerja pada Seksi Bimas Islam dan KUA Kecamatan.

Kepala Seksi Bimas Islam  Kemenag Kota Palu, H. Burhan Munawir menjelaskan bahwa rapat kerja ini untuk membahas  tentang program Kerja seksi Bimas Islam tahun 2024 yang membutuhkan peran KUA Kecamatan dalam mengakomodir setiap bentuk kegiatan diberbagai bidang keagamaan.

“Diharapkan kepada para kepala KUA Kecamatan dapat mengoptimalkan peran Kantor Urusan Agama untuk memberikan pengayoman dan pembinaan keagamaan kepada masyarakat sebab KUA merupakan ujung tombak pembimbing, pelayan dan pemberdayaan pada masyarakat”, tutur Burhan.

Hadir sebagai peserta, selain dari jajaran Bimas Islam Kemenag Kota Palu, hadir pula penyuluh Agama Islam, penghulu, kepala KUA se Kota Palu, PPPK, ASN dan non ASN. (kasman)

 

Editor: -
Fotografer: Muhammad Kasman
Tags: Bimas Islam
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex