- Kontributor
30 Mei 2023 0:0:0 314

Jelang Pemberangkatan Haji 1444 H/2023, Kemenag Morowali Gelar Bimbingan Manasik Haji

Ket: H. Asat Latopada, S.Ag., Kakankemenag Morowali berikan Bimbingan Manasik Haji Tahun 1444 H/2023. Selasa 30/5/2023


Morowali (Kemenag Sulteng) – Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali Tahun 1444 H/2023, berlangsung di aula Gedung PLHUT setempat, Selasa (30/5/2023).

Jemaah haji mendapatkan materi praktik manasik oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Morowali, H. Asat Latopada, S.Ag., Kasi PHU, Mahadin, S.HI., menghadirkan Pemateri dari Bidang Kesehatan dan Sosialisasi dari Telkomsel.

H. Asat menyampaikan, materi Bimbingan Manasik mengarah pada Fiqih Haji, Kebijakan pemerintah tentang Haji, Etika di tanah suci, layanan kesehatan Haji, layanan manasik haji bagi jemaah lansia, hikmah haji, hak dan kewajiban jemaah haji reguler.

“Manasik haji ini, bertujuan untuk mewujudkan kemandirian jemaah haji dalam beribadah dan ramah lansia menuju haji mabrur,” ungkapnya.

Selanjutnya kata H. Asat, para jamaah haji merupakan tamu Allah sehingga penting bagi para jamaah haji mengikuti aturan dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain serta menjaga kesehatan.

"Selalu jaga kesehatan agar bisa fokus beribadah serta meminta ampunan dari Allah SWT atas dosa diri sendiri maupun kerabat baik yang masih hidup maupun yang telah wafat," Pesan Asat.

Lebih lanjut H. Asat juga mengingatkan petugas untuk senantiasa ramah dan memberikan pelayanan yang prima pada jamaah haji lanjut usia atau lansia.

"Pendampingan terhadap jamaah lansia menjadi penting karena mereka kelompok rentan. Jamaah lansia memiliki keterbatasan, sehingga perlu didampingi oleh jamaah lain atau petugas," Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi PHU Kemenag Morowali, Mahadin, S.HI.,  menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi jamaah haji serta untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai syariat Islam. Sehingga jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar, sehingga memperoleh haji yang mabrur.

“Kami himbau kepada jamaah haji Kabupaten Morowali, untuk selalu menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, agar para jamaah nantinya khusyuk dalam menjalankan ibadah haji. Kami do’akan agar jama’ah haji Kabupaten Morowali selalu dalam keadaan sehat dan selamat hingga kembali ke Morowali dengan mendapatkan balasan berupa haji dan hajah yang mabrur dan mabrurah,” Tutupnya.

Adapun Jumlah jemaah haji Kabupaten Morowali tahun 2023 sebanyak 111 orang, dengan rincian terdiri dari A. Jemaah reguler 107 orang, B. PHD 2 orang, C. KBIHU 1 orang dan E. TKHI 1 orang.

By. Humas Morowali

Editor: -
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex