- Kontributor
17 Maret 2023 0:0:0 131

Kemenag Banggai Laut Laksanakan Pembinaan Siswa Katolik Berbasis Moderasi Beragama

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin saat memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan Siswa-siswi Katolik Tingkat Dasar


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin didampingi Penyelenggara Katolik Andriyas S. Hernanto membuka kegiatan Pembinaan Siswa-siswi Agama Katolik Tingkat Dasar Berbasis Moderasi Beragama, bertempat di Hotel Carabella, Sabtu (11/03/23). 

Dalam sambutannya, Kakankemenag mengungkapkan secara umum moderasi beragama merupakan perekat antara semangat beragama dan komitmen berbangsa, selain itu, juga dapat memelihara sikap toleransi dan menghargai perbedaan, serta tidak memaksakan pandangan agama pada orang lain. 

"Hal ini dimaksud sebagai upaya untuk menjaga kerukunan dan persatuan antar umat beragama dalam mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama yang harmonis dan damai pada bangsa ini," ungkapnya.

Dalam lembaga pendidikan menumbuhkan wawasan moderasi beragama kepada peserta didik ditingkat dasar sangat penting. sebab, moderasi beragama dapat membentuk karakter peserta didik yang toleran dalam menghargai keberagaman agama. 

"Memberikan penguatan moderasi beragama dapat melindungi generasi bangsa dari penyebaran faham intoleransi dan radikalisme," ujar Riatman.

Sementara itu, Andriyas mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan agama katolik bagi peserta didik terutama di sekolah negeri dan swasta yang belum memiliki Guru Pendidikan Agama Katolik diwilayah Kabupaten Banggai Laut.

Ia berharap melalui pembinaan ini dapat menjadikan peserta didik memiliki karakter iman yang kuat dan membuat mereka menghargai dengan sesama maupun yang berbeda keyakinan terutama ketika menjalani pendidikan disekolah maupun ditengah masyarakat

Sebanyak 48 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini, sebagai Narasumber Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banggai Laut, Pastor Gereja Katolik Raja Damai Banggai dan Pengawas Sekolah Bidang Dikdas Kantor Dikpora Kabupaten BanggaiLaut. (MH)

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex