- Kontributor
9 Desember 2019 0:0:0 352

Kemenag Sulteng Sosialisasi Produk Halal Di Parimo

Ket:


Parigi (inmas kemenag)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah lakukan sosialisasi produk halal pada makanan dan minuman di Kabupaten Parigi Moutong.

Rombongan di pimpin Kasi Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Sulteng H. Sofyan Arsyad dan diterima oleh Kasubbag Tata Usaha KanKemenag Parimo H. Mappeasse di ruang pertemuan KanKemenag, Rabu 04 Desember 2019. 

Kasi Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag menjelaskan bahwa Kementerian Agama sebagai lembaga yang di percayakan untuk memberikan sertifikasi kehalalan makanan dan minuman.
Bahan makanan ataupun minuman seperti air mineral yang tidak di sertifikasi kehalalannya akan membuat produksinya tidak di bisa terima masyarakat.

Sofyan mengungkapkan  Kementerian agama juga mensertifikasi pemotongan hewan apakah sudah sesuai dengan tuntunan syariah, namanya sertifikasi "Juleha" Juru Sembeleh Hewan.
Yang di sertifikasi adalah orangnya, untuk menyatakan penyembelihan sesuai Islam karna sudah di bekali pelatihan. Kedepannya semua akan di sertifikasi halal seperti kosmetik, akan di teliti bahan bakunya.

Kemenag akan bekerjasama dengan Auditor Balai POM MUI, dengan Balai POM yang di tunjuk oleh Kemenag. Kemudian hasilnya itu di berikan MUI untuk  mengeluarkan fatwa apakah sudah halal atau belum.

Sementara itu staf Bimas Islam KanKemenang Parimo Hastuti mengatakan Sosialisasi produk halal ini juga dilakukan dengan lembaga terkait di Kabupaten Parigi Moutong yakni Dinas Perindag dan Dinas Koperasi dan UKM di Kabupaten Parigi Moutong. Alhamdulilah sambutan kedua instansi sangat bagus dan antusias.(Ahdal)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex