- Kontributor
31 Oktober 2023 0:0:0 101

Cegah Penyalahgunaan, Kemenag Kota Palu Musnahkan 3002 Dua Buku Nikah

Ket: Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, saat memimpin Pemusnahan Buku Nikah di Halaman Kantor Kemenag Kota Palu, Senin (30/10/23)


Palu (Kemenag Sulteng) -- Kantor Kementerian Agama Kota Palu menggelar Apel pagi yang dirangkaikan dengan Pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) berupa Buku Nikah. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Kemenag Kota Palu, Senin (30/10/2023).

Sebagai pembina apel pagi, Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu dan dihadiri oleh, Pengawas, Kasubbag TU (Plt), Kasi Bimas Islam, H. Burhan Munawir; Kasi PHU Ulfa, Kasi Pendis Irsan, Penyelenggara Bimas Kristen, Daniel Rusli Wibowo, Bimas Katolik, I Nyoman Andreas, Pokjaluh, serta ASN Kantor Kemenag Kota Palu.

Setelah Apel pagi, dilanjutkan dengan prosesi pemusnahan buku nikah yang dipimpin langsung Kakankemenag Kota Palu, dan turut disaksikan oleh pihak Kepolisian dari Polsek Palu Barat, Kasubbag TU (Plt), Kepala Seksi/ Penyelenggara serta ASN Kantor Kementerian Agama Kota Palu.

Kakankemenag dalam arahannya sebelum pemusnahan dilakukan, menyampaikan bahwa pemusnahan buku nikah ini perlu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungngjawab.

“Perlu diantisipasi agar tidak ada pihak tertentu yang menyalahgunakan buku nikah sebagai ladang bisnis, misalnya kelebihan buku nikah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dengan menjual kepada orang yang membutuhkan bahkan yang kepada orang yang belum memiliki buku nikah”, ujarnya.

Nasruddin menegaskan jika stok buku nikah tersebut telah mendapat persetujuan untuk dimusnahkan sebagai upaya mencegah penyalahgunaan dokumen buku nikah dan lainnya oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Pemusnahan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena buku nikah sangat mungkin dipakai untuk memasukan data orang lain dengan tujuan tertentu. Juga dalam blanko tersebut tercetak nama menteri Agama Republik Indonesia yang sudah tidak menjabat lagi saat sekarang,” Jelas Nasruddin.

Dijelaskannya, pemusnahan buku nikah tersebut, untuk tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Negara yang tidak bisa dimanfaatkan dan atau dipindahtangankan karena dalam kondisi kadaluarsa.

Kakankemenag memimpin pemusnahan ribuan sisa stok buku nikah tersebut dengan cara dibakar di dalam  drum bekas disaksikan oleh para pejabat dan ASN yang hadir termasuk dari pihak kepolisian Sektor Palu Barat. Adapun stok buku nikah yang dimusnahkan adalah: Buku Nikah sebanyak 2.368, dan duplikat buku nikah 634. (kasman)

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex