- Kontributor
18 Oktober 2019 0:0:0 480

SUPERVISI AKADEMIK PADA MAN TOLITOLI

Ket:


Tolitoli (MAN Tolitoli) - . Kunjungan Tim Pengawas Supervisi Kementerian Agama Tolitoli dan Tim Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli atau disebut Tim Pengawas Gabungan telah melakukan kunjungan dengan target/sasaran supervisi adalah para guru bidang studi pada MAN Tolitoli. (17/10/2019)

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Madrasah H.Jumade diruang kerja beliau. Tim pokjawas yang terdiri dari 6 orang dan 1 orang dari tim Pengawas Dinas Kabupaten Tolitoli yakni Anice saleh, Idham, H.Muallimin Khaliq, Hafid, Mastur dan Tahir berdiskusi bersama kepala madrasah tentang mekanisme supervisi pembelajaran.

Dalam rangkaian sosialisasi tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh kepala madrasah bersama seluruh para guru tim supervisi memaparkan agenda supervisi sebagai berikut :

  1. Buku kerja 1 : a. SKL, K1, dan KD b. Silabus c, RPP d. KKM
  2. Buku Kerja 2 : a. Kode etik guru  b. Ikrar guru  c. Tata tertib guru  d. Pembiasaan guru  e. Kelender pendidikan  f. Alokasi waktu  g. Program tahunan h. Program semester i.Jurnal agenda guru
  3. Buku kerja 3 : Daftar hadir, Daftar nilai, Penilaian akhlak/kepribadian siswa, Analisis hasil ulangan dan program perbaikan/pengayaan, Daftar buku pegawai guru/siswa, Jadwal mengajar. Daya serap siswa, Kumpulan soal dan kisi soal, Kumpulan soal, Analisis butir soal dan perbaikan soal
  4. Buku Kerja 4 : Daftar evaluasi diri kerja guru dan Program tindak lanjut kerja guru

Kepala Madrasah menyampaikan bahwa supervisi bagian dari pada evaluasi diri guru dalam mengukur proses belajar mengajar dikelas dan  menambahkan dalam rangka persiapan akreditasi madrasah maka dipandang perlu untuk melengkapi administrasi guru sebagai salah satu syarat menuju akreditasi madrasah tahun 2020. Beliau juga memberikan apresiasi kepada para guru yang sudah jauh hari melengkapi administrasi atau perangkat pembelajarannya. (ratna).  

 

 

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex