- Kontributor
15 Maret 2023 0:0:0 187

Bupati Tolitoli Buka MTQ Tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-Kecamatan Galang

Ket: Bupati Tolitoli yang diwakili Asisten III Usman Taba membuka pelaksanaan MTQ Tingkat SD/MI dan SMP/MTS ke XXII se Kecamatan Galang , Selasa (14/3/2023).


Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Bupati Tolitoli yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Usman Taba membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ke XXII Tahun 2023 se Kecamatan Galang bertempat di Balai Desa Tinigi, Selasa (14/3/2023).

Bupati Tolitoli dalam sambutan yang disampaiakn oleh Asisten III Usman Taba mengatakan bahwa salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan dimasyarakat diantaranya adalah kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an. Menurutnya kegiatan ini merupakan pengembangan syiar islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, meneguhkan kesucian, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif dari kitab suci alqur’an bagi umat islam.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan MTQ tahun ini" Mewujudkan Generasi Qur’ani Untuk Indonesia Kuat dan Bermartabat," saya nilai sangat tepat dengan kondisi saat ini, ujar Bupati.

Olehnya itu, ia sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap para peserta/pelajar dapat menampilkan kemampuan yang terbaik. Dari lomba ini tentu ada yang menng dan yang kalah, untuk yang menang jangan sombong dan yang kalah agar tetap berlatih, semoga kegiatan berjalan lancar dan dengan MTQ ini dapat memunculkan pelajar yang berprestasi.

Lanjut dikatakan Bupati, dari sisi penyelenggaraannya pelaksanaan MTQ mengalami pengembangan yang pesat dalam cabang dan golongan yang dipertandingkan, ini menunjukkan perhatian pemerintah dalam mendukung kegiatan MTQ demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Qur’ani serta mengharpakan MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

Diakhir sambutannya, kepada para peserta Bupati berpesan agar MTQ tidak hanya mengejar kemenangan akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan alqur’an baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Sebelumnya, Kakankemenag Tolitoli Moh. Taslim dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu upaya untuk mendalami arti, makna dan kandungan Al Quran adalah melalui penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran. Momen MTQ merupakan salah satu media untuk menebarkan syiar islam agar umat islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran alqur’an, sebab Al-Qur’an adalah benteng iman dan akhlak ditengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini.

“MTQ sebagai ajang silaturrahmi dan memotivasi masyarakat agar dapat membumikan ajaran alqur’an dalam kehidupan sehari-hari, disamping itu juga sebagai momentum untuk mengukur pembinaan, pembelajaran Al- Quran dan dan membangun akhlak secara spesifik,” tutur Taslim.

Dikatakan Taslim, MTQ  bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya alqur’an bagi masyarakat, meningkatkan motivasi bagi masyarakat untuk mempelajari alqur’an dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan alqur’an.

“Dalam konteks pelasksanaan pembangunan, kegiatan MTQ pun mengemban misi yang mulia sekaligus strategis yakni menguatkan pembangunan akhlak bangsa. Disamping itu MTQ juga merupakan sarana untuk mencetak generasi qur’ani yaitu generasi yang mencintai, menghayati dan mengamalkan alqur’’an,” ujarnya.

Pelaksanaan MTQ sejatinya dapat meningkatkan jejak-jejak peradaban yang ditandai dengan perubahan pola pikir, kebiasan dan karakter dari pemikiran yang eksklusif ke pemikiran yang inklusif dan maju hal ini sejalan dengan Visi Kementerian Agama RI yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 18 tahun 2020 yaitu Kementerian Agama yang profesional dan handal dalam mmebangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul  untuk mewujudkan indonesia maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Selaku Kakan Kemenag Tolitoli, Moh Taslim mengucapkan terimakasih sekaligus apresiasi kepada panitia yang telah mengerahkan waktu, pikiran dan tenaganya demi terlaksananya MTQ tingkat SD/MI dan SMP/MTs se Kecamatan galang ini yang menurutnya sangat istimewa dan elegan. “Walaupun pelaksanaan MTQ ini sifatnya sederhana namun dapat memberikan pengaruh kepada anak-anak kita, lingkungan bahkan dunia pendidikan saat in,” ucapnya.

dalam kesempatan itu juga dilaksanakan pengukuhan dewan hakim oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Moh. Taslim.

Kegiatan ini turut dihadiri anggota DPRD Tolitoli, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Pemuda dan Olahraga, Camat Galang, kepala Sekolah dan Madrasah se Kecamatan Galang, Kepala Desa se Kecamatan Galang, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

 

Penulis : Suherman

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex