- Kontributor
21 Mei 2023 0:0:0 142

Kakankemenag Banggai Laut Buka Bimtek EDM dan e-RKAM Tim Inti Madrasah

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut, Riatman A. Nursin didampingi Kasi Pendidikan Islam, Ansar membuka secara resmi kegiatan Bimtek EDM dan e-RKAM Tim Inti Madrasah Kabupaten Banggai Laut Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah REP-MEQR Tahun 2023 di Hotel Banggai, Kamis (18/05/23)

Dalam sambutannya, Kakankemenag mengatakan proyek Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan kementerian agama.

"Proyek ini dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024 dengan pembiyaan dari World Bank" ungkapnya

Dijelaskannya, bahwa REP-MEQR terdiri dari empat komponen proyek yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kementerian Agama.

"Salah satu komponen tersebut dilakukan penerapan sistem e-RKAM secara nasional dan pemberian dana bantuan untuk madrasah serta penyusunan rencana kerja di dasarkan pada analisis hasil evaluasi diri madrasah yang mengacu pada standar nasional pendidikan" jelasnya

Lebih lanjut, Kakankemenag juga mengungkapkan bahwa tujuan program penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis electronik (e-RKAM) adalah agar madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan.

Dengan demikian, pemanfaatan semua dana bantuan dapat dipantau baik dijenjang Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Pusat dan menjadikan kualitas lembaga pendidikan dapat lebih ditingkatkan seiring kenaikan kualitas perencanaan dan penganggaran.

Diakhir sambutannya, Kakankemenag berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya sampai hari terakhir pelaksanaan, sehingga setiap materi yang disampaikan oleh fasilitator dapat diterima dan diterapkan dimadrasah tempat tugas masing-masing.

Adapun peserta bimtek diikuti oleh Para Kepala Madrasah, bendahara dan Operator dari tingkat MI, MTs dan MA yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 18 Mei sampai dengan 20 Mei 2023. (MH)

 

 

Editor: Muhadjir
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex