- Kontributor
21 Juni 2021 0:0:0 187

Kakan Kemenag Poso Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021

Ket:


Poso (Kemenag Sulteng) Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso gelar Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin Kakankemenag Kab. Poso, H. Makmur Muh Arief bersama Kasi PHU Purnawarman Loi, S.Ag dan jajarannya di  Desa Kalora, Kec. Poso Pesisir Utara, Senin (21/06/2021).

Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh 40 orang Jamaah Haji yang batal berangkat, Sekcam Poso Pesisir Utara, Kepala Seksi PHU, Kepala KUA Kec. Poso Pesisir Utara.

Kepala Seksi Haji dan Umrah, Purnawarman Loi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah yang telah mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dan berharap jama’ah bisa menyimak dengan saksama penjelasan dari Kakankemenag Kabupaten Poso.

Dalam arahannya, H. Makmur mengatakan bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa skema Haji 1442 Hijriyyah/2021 Masehi hanya untuk warga negara Saudi dan warga Ekspatriat (Muqimin).

Keputusan ini diambil menimbang keselamatan dan keamanan jemaah haji dari Ancaman Covid-19 yang belum mereda.

Senada dengan hal itu, Pemerintah Republik Indonesia juga menyampaikan bahwa keselamatan dan keamanan jemaah selalu menjadi pertimbangan utama.

“Marilah kita Jemaah haji yang batal berangkat tahun ini tetap bersabar dan tawakkal karena ini adalah takdir Allah, sehebat apapun persiapan manusia jika Allah tidak berkehendak maka tidak akan terjadi dan begitu pun sebaliknya.” Jelas Makmur.

“Kita berharap semoga pandemi ini segera sirna dari permukaan bumi Allah ini dengan memperbanyak taubat kepada Allah, karena turunnya wabah atau azab karena maksiat. Dan Allah akan angkat jika kita bertaubat,” lanjutnya.

Lebih lanjut Makmur mengatakan kepada seluruh Jamaah agar tidak mudah terpancing dengan berita bohong (Hoax).

“Kita harus mampu bersabar Jemaah semuanya yang saya hormati, untuk antri sekian belas tahun saja kita mampu bersabar, kenapa tidak untuk saat ini,” ujarnya.

Selain Sosialisasi Tetang KMA Nomor 660 Tahun 2021, pada kesempatan ini Kakankemenag juga menghimbau kepada jamaah semuanya menyukseskan program Pemerintah Republik Indonesia dalam Vaksinasi sebagai upaya Pencegahan Covid-19 dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan 5 M yakninya Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan serta Mengurangi Mobilitas sesuai Himbauan Bapak Menteri Agama RI.

Jemaah Peserta kegiatan sosialisasi sangat antusias mendengarkan paparan Kakankemenag serta penjelasan Kasi PHU.

Semua Jama’ah sangat merasa puas dengan penjelasan yang ada dan berharap bisa berangkat di tahun depan Haji 1443 Hijriyyah/2022 Masehi.

Menutup kegiatan ini Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Punawarman Loi, berharap juga kepada Jamaah agar sering berkomunikasi dengan kami di Kemenag Kabupaten Poso terkait Haji dan Umrah atau hal lainnya yang menjadi tugas kami di Kementerian Agama.

“Terimalah informasi dari sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, jangan mudah percaya dengan isu yang berkembang di Media Sosial. Kami siap memberikan informasi yang akurat kepada Bapak/Ibu jemaah sekalian, tutur pria yang biasa di sapa Pak Tutan ini.”

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex