- Kontributor
30 September 2023 0:0:0 133

MTsN 2 Parigi Peringati Maulid Nabi Muhammad 1445H

Ket:


Parigi(kemenag sulteng)-Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi menggelar peringatan maulid Nabi Besar Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam tahun 1445 Hijriah, yang jatuh pada hari kamis 28 September 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Mepanga Maswin, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi Saefuddin, Kaur Tata Usaha, Dewan Guru serta seluruh siswa-siswi.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Parigi Saefudin dalam sambutannya menyampaikan perayaan Maulid Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam 1445 hijriah ini, merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan "Madrasah Bershalawat" yang telah di mulai pelaksanaannya sejak Awal bulan Rabiul Awwal 1445 Hijriah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang kelahiran Rasulullah SAW serta meneladani akhlak Budi pekertinya yang mulia kepada siswa, guru serta seluruh civitas akademika Madrasah Tsanawiyah 2 Parigi kepada Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam. 

Sebagai umat Islam yang mengaku umatnya Nabi Mauhammad SAW kita harus benar-benar cinta kepada Nabi Muhammad, mengikuti perilakunya. Salah satunya juga tidak boleh lupa atas kelahirannya. 

Oleh karena itu penting untuk selalu memperingati kelahiran Nabi Muhammad agar generasi muda khususnya siswa MTs 2 Parigi ini selalu ingat dan makin cinta kepada Nabi Muhammad SAW, ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Mepanga Ustadz Maswin, S.Ag selaku pembawa hikmah mengatakan Baginda Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal pada tahun Gajah di kota Mekah. 

Kelahiran Nabi Muhammad menjadi rahmat bagi seluruh alam. 

Kelahiran Nabi Muhamamd SAW menyelamatkan masyarakat Mekkah kala itu dari kesesatan dan menyembah berhala. Rasulullah memiliki akhlak terpuji dan kejujuran yang merupakan pondasi dasar yang harus di contoh dari Rasulullah SAW, agar kita mendapatkan kemudahan dalam menuntut ilmu dan memasuki dunia kerja di era digitalisasi".

Saat ini merupakan era akhir zaman, dimana ilmu pengetahuan telah berkembang diberbagai dimensi kehidupan, namun disisi lain adab atau Akhlak seseorang dalam berkehidupan semakin menurun bahkan hilang sama sekali.

Olehnya melalui peringatan maulid nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, para siswa dapat menerapkan akhlak yang baik tersebut baik itu di Madrasah, terhadap orang tua di rumah dan di masyarakat luas, jelas Maswin.

Untuk Memeriahkan acara tersebut pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), dewan guru dan pegawai MTsN 2 Parigi, menyuguhkan pohon telur dan Nasi tumpeng sebagai tradisi budaya Nusantara untuk di pajang dan di nikmati bersama.

Memperingati hari-hari besar keagamaan Islam di Madrasah tersebut juga sebagai gerakan menuju program "Go religi" di MTsN 2 Parigi, kabupaten Parigi Moutong (SFN/Ahdal)

Editor: kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex