- Kontributor
16 Maret 2021 0:0:0 221

Kankemenag, Pemkot dan PA Kota Palu sepakat Tanda Tangani MoU Isbat Nikah

Ket: foto bersama usai penandatanganan MoU oleh para pihak


Palu (Kemenag Sulteng) --- Kantor Kementerian Agama dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu yang berkerja sama dengan Pengadilan Agama (PA) Palu, pada Senin (15/03) sepakat menandatangani surat kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) terkait dengan Isbat Nikah.

Penandatanganan MoU ini dilakukan diruang kerja Wali Kota Palu dan dihadiri oleh Sekretaris Kota, Kadis Dukcapil, Kabbag Kesra, para Camat se-Kota Palu serta stakeholder terkait lainnya. 

Informasi yang dihimpun oleh Humas Kankemenag Kota Palu, MoU ini sendiri sebagai upaya  tindak lanjut dari pertemuan senin lalu antara Wali Kota Hadiyanto Rasyid, Kakankemenag Nasruddin L. Midu dan Ketua PA Heriyah, terkait dengan nikah masal bagi pasangan nikah yang tidak memiliki buku nikah.

Seusai penandatanganan MoU, Kakankemenag mengatakan kesepakatan  ini merupakan langkah pemerintah untuk memfasilitasi perkawinan masyarakat yang sesuai prosedur, dimana perkawinan dinyatakan sah dan mempunyai kekuatan hukum.

"Sidang Isbat itu sendiri peruntukannya bagi pasangan yang sudah menikah akan tetapi belum mendapatkan surat nikah. Kasus seperti inilah  nantinya  akan mengikuti proses sidang  isbat nikah dan buku nikahnya akan di keluarkan oleh KUA berdasarkan alamat pasangan nikah tersebut, sehingga status pernikahannya benar-benar dipayungi hukum dan Undang-undang yang berlaku di Negara kita, “  ungkapnya. 

Dikatakan Nasruddin, bahwa pihaknya segera akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait dan untuk saling memberikan kemudahan dan memfasilitasi segala sesuatunya, pihaknya juga akan menginstruksikan kepada Kepala KUA untuk membantu proses penerbitan buku nikah yang sudah selesai proses putusan isbatnya,“ terangnya.
 
Terkait target jumlah pasangan, Kakankemenag mengatakan bahwa masing-masing kecamatan akan mengikutkan 15 pasangan untuk mengikuti sidang  isbat nikah. “Rencananya delapan Kecamatan di Kota Palu akan mengikutkan masing-masing 15 pasangan dalam kegiatan tersebut,” pungkasnya.  

(fuad)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex