- Kontributor
6 Oktober 2021 0:0:0 150

APRI Donggala Gelar Seminar Kepenghuluan Menata Masa Depan Penghulu

Ket: APRI Cabang Donggala menggelar seminar kepenghuluan dan hukum Islan menakar masa depan penghulu paska PMA No 16 tahun 2021


Donggala (Kemenag Sulteng) - Kegiatan Seminar  Kepenghuluan  dan Hukum Islam Menakar Masa Depan Penghulu Paska  Peraturan Menteri  Agama  (PMA) Nomor  16 tahun  2021, Implementasi Kompetensi  dan  Kinerja, Focus Group  Discussion (FGD) yang dilaksanakan Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Donggala, dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin,  secara  daring atau online di Kantor KUA  Banawa Tengah,  selasa (05/10-2021)

Dalam arahannya, H. Rusdin, menyampaikan  tentang Implementasi  PMA No 16  tahun 2021 tentang juknis jabatan  fungsional  penghulu  dan penerapan Reformasi Birokrasi  No 9 tahun 2019 tentang jabatan Fungsional penghulu dan seminar  seperti ini sangat  membantu penghulu dalam memahami  regulasi dan salah satu cara untuk membina karier  dan peningkatan mutu profesionalisme, ujarnya.

Sebagai pelayan masyarakat Penghulu  haruslah mempunyai kemampuan atau kompetensi  penguasaan materi, berinteraksi untuk bekerja  sama dengan orang lain, baik secara perorangan  maupun secara kelompok, keperdulian penghulu  memahami pandangan, fikiran, perasaan, masukan serta mampu memberikan perhatian pada orang lain, juga mampu berkeriasi  dan berinovasi  artinya mampu menciptakan dan mengembangkan ide-ide baru yang bersifat inovatif  bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama yang menyankut dengan kegiatan  kepenghuluan, tutur Rusdin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Sarina Unok, mengunkapkan sangat  mengapresiasi  kegiatan tersebut,  mengingat tantangan  yang dihadapi  penghulu saat ini adalah bagaimana upaya meningkatkan pelayanan  dan konsultasi serta pengembangan ilmu pengetahuan  secara baik  dan optimal, peningkatan pelayanan  dalam pencatatan dan konsultasi  Nikah Rujuk dan pengembangan  kepenghuluan  akan dapat berjalan  sesuai dengan yang diharapkan  apabila didukung oleh kinerja penghulu yang profesional, terangnya.

Sementara itu pada tempat yang sama, Kepala Seksi Bimbingan masyarakat Islam, H. Darwin Panessai, menyampaikan bahwa pada kesempatan yang baik ini mengingat KUA sebagai ujung tombak  pelayanan  di tingkat Kecamatan dipandang masyarakat sebagai  cermin kualitas pelayanan  Kementerian Agama, sehingga wajar jika KUA dituntut  untuk memberikan pelayanan  keagamaan  Islam yang prima kepada masyarakat, maka tidak kata lain bagi KUA untuk segera  memperbaiki  semua kekurang  yang ada.

Kegiatan  seminar kepenghuluan dan hukum islam menakar masa depan  penghulu paska PMA No 16 tahun 202, dihadiri semua  kepala KUA se Kabupaten Donggala, kata Darwin.

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex