- Kontributor
14 Agustus 2023 0:0:0 88

Sebanyak 100 CJH Kabupaten Tolitoli Ikuti Manasik Haji Sepanjang Tahun

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng Ulyas Taha membuka sekaligus memberikan materi manasik haji sepanjang Tahun Kabupaten Tolitoli diauala Kantor Kemenag Tolitoli, Minggu (13/8/23)


Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha membuka sekaligus memberikan materi kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Kabupaten Tolitoli yang dilaksanakan oleh Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Aula Kantor Kemenag Tolitoli, Minggu (13/8/2023).

Turut mendampingi Kakanwil pada kegiatan manasik tersebut Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulteng Muchlis, Kakankemenag Tolitoli Moh. Taslim serta Kasi PHU Kemenag Tolitoli UlfaYunus.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng Ulyas Taha dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan manasik ini sangat penting karena berkaitan dengan pembekalan serta mendapatkan informasi awal berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah Haji yang akan dilaksankan ketika menjadi jemaah haji.

Olehnya itu, dengan adanya manasik ini diharapkan kepada calon jemaah haji untuk dijadikan sebagai motivasi untuk lebih banyak lagi mendapatkan pengetahuan tentang manasik itu sendiri, ucap Kakanwil.

Kakanwil juga mengharapkan kepada seluruh peserta untuk mempelajari buku manasik haji untuk menambah pengetahuan dalam pelaksanaan ibadah haji dalam rangka membentuk jemaah mandiri.

Seperti yang disampaikan panitia bahwa tujuan dilaksanakan manasik haji ini yaitu bagaimana menjadikan calon jemaah haji menjadi  jemaah yang mandiri. Mandiri itu adalah jemaah haji yang tidak harus senantiasa mendapatkan bimbingan atau tuntunan dari pembimbing ketika melaksanakan manasik haji pada saat menunaikan ibadah haji.

“Kepada seluruh jemaah haji yang mendapatkan kesempatan mengikuti manasik ini agar dapat mengikuti dengan baik dan seksama supaya semua bisa dipahami dan dimengerti,” harap Kakanwil

Sebelumnya, Kasi PHU Kemenag Tolitoli Ulfa Yunus dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya manasik haji sepanjang tahun ini adalah untuk mengatur tata cara penyuluhan manasik haji kepada jemaah daftar tunggu satu sampai dua tahun menjelang keebrangkatan menuju kemandirian dalam melaksanakan ibadah haji.

Kegiatan manasik ini diikuti sebanyak 100 orang calon jemaah haji Provinsi sulawesi tengah yang berasal dari Kabupaten Tolitoli.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tolitoli Moh. Taslim dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan manasik ini merupakan bagian yang sangat penting. Dan yang mengikuti manasik haji ini semoga bisa berangkat semua dan insyaallah ditahun depan mendapatkan panggilan sebagai tamu Allah di tanah suci mekkah.

“Dengan kehadiran kita semua dalam kegiatan manasik ini semoga ada nilai tambah dan manfaat serta mempunyai persiapan dalam rangka melaksanakan panggilan Allah dalam melaksanakan ibadah haji” Kata Kakankemenag.

Editor: Suherman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex