- Kontributor
12 Oktober 2022 0:0:0 221

MTsN 1 Kota Palu Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Ket: Foto Saat Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Halaman MTsN 1 Kota Palu (10/10/2022)


 

Palu (MTsN 1 Palu), Peringatan Maulid nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang perayaannya jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022. Peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW yang di laksanakan oleh MTsN 1 Kota palu setiap Tahunnya, di laksanakan pada hari senin, 10 Oktober 2022 di Halaman MTsN 1 Kota Palu, mulai pk. 06.00 WIB pagi, nampak begitu ramai lalu lalang kendaraan para orang tua yang mengantarkan putra-putrinya.

Para siswa begitu bahagia, dengan berbusana muslim bebas rapi, memasuki halaman madrasah, dengan segala pernak pernik Maulid seperti Pohon telur,Tumpeng, dan lain-lain rupanya. mereka akan mengikuti pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang digelar di halaman madrasah.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh warga madrasah, anak-anak berkumpul di halaman madrasah yang telah di pasangi Tenda disitulah siswa-siswi berkumpul duduk bersilah dengan tertib untuk mengikuti serangkaian acara maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam kegiatan ini anak-anak di ajak bershalawat bersama-sama kepada Nabi Muhammad SAW di pimpin oleh penceramah Ustad Abd Somad, S.Pd.I, M.Pd, A.Mq

Haswadi,S.Pd (Pembina OSIS) selaku Ketua Panitia menuturkan, pengajian dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh MTsN 1 Kota Palu. “Melalui penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi, kami harapkan anak-anak bisa mengambil ibroh dan pelajaran dari hari lahirnya Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

“Maulid Nabi tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun ini jatuh pada hari Sabtu (8/10/2022), karena hari Sabtu anak-anak tidak melaksanakan kegiatan belajar di madrasah, sehingga peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kami laksanakan di hari ini, Senin (10/10/2022),” tuturnya.

Kepala Madrasah yang di wakili oleh Wakamad Kurikulum Ibu Siti Marwiyah, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh Dewan Guru,Staf Tata Usaha, tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk bisa hadir dalam Peringatan Maulid Nabi di lingkungan madrasah yang dipimpinnya.

Ia juga bersyukur karena dapat melangsungkan peringatan Maulid Nabi, meskipun dengan cara sederhana. Ia pun berharap, melalui peringatan Maulid Nabi, anak-anak dapat meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. “Semoga kegiatan ini menginspirasi ghirah dan semangat siswa untuk belajar, menuntut ilmu, dengan semangat meneladani Rosulullah SAW,” harapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Naila, Moh Riski, dan Alya, siswa kelas IX. “Kami senang dengan acara peringatan Maulid Nabi, karena dengan digelar di halaman madrasah, kami bisa saling bertemu dengan teman-teman lainnya, sehingga bisa saling bercengkrama dan bergurau,” ucap Riski “Ustadz penceramah dalam menyampaikan materi lucu, penuh semangat, jadi kami yang mendengarkan tidak bosan, tetapi bisa memetik hikmah dari tausiyah yang dibawakannya. Meskipun cuaca mendung di sertai gerimis, tidak mengurangi semangat kami untuk mengikuti kegiatan hingga akhir,” kata Naila.

*Supardi*

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex