KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
22 Maret 2024 19:40:0 66

Festival Ramadhan, Kemenag Parimo Serahkan 602 Paket Sembako

Ket: Kepala Kankemenag Parigi Moutong menyerahkan secara simbolis Paket Ramadhan


Parigi (Kemenag Sulteng) - Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong membagikan 602 paket Ramadan kepada para fakir miskin warga kurang mampu di wilayah kabupaten Parigi Moutong.

Paket tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong H. As'at Latopada, bersama Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong di Aula gedung PLHUT Kantor Kemenag Parimo, Jum’at 22 Maret 2024.

As'at Latopada dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Kementerian Agama Republik Indonesia yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam bentuk Festival Ramadhan dengan tema "Ramadan Asyik Bersama Gusmen, Kolaborasi Sejuta Cinta".

Kegiatan pembagian zakat secara serentak pada Festival Ramadhan yang digagas oleh Kementerian Agama ini adalah bukanlah hanya kegiatan seremonial belaka, kata As’at.

Seluruh Kemenag Provinsi serta Kemenag Kabupaten dan Kota menyerahkan paket Ramadan serentak pada momen tersebut disaksikan oleh Kemenag Pusat yang terhubung melalui zoom meeting. Di Jakarta, Kegiatan Festival Ramadan dibuka oleh  oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Daisuki yang juga melihat penyerahan Paket Ramadan tersebut kepada masyarakat secara langsung, sambungnya.

Kita tentu berharap melalui Festival Ramadhan, dapat membantu umat Islam yang kurang mampu dan menginspirasi masyarakat untuk membangun semangat berbagi demi meraih keberkahan selama bulan Ramadhan.

As'at Latopada menjelaskan bahwa Paket Ramadhan dalam bentuk paket Sembako yang di bagikan Kemenag Parigi Moutong tersebar pada beberapa titik lokasi, tidak hanya di Kantor Kemenag kabupaten, namun juga pada setiap Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kabupaten Parigi Moutong, serta seluruh Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibitidaiyah di lingkungan kantor Kemenag Parimo, jelasnya.

Adapun jumlah paket Ramadhan yang tersedia, sebanyak 602 paket dimana satu paketnya bernilai Rp.150.000 sampai Rp 200.000, yang berisikan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok.


Sementara itu Bupati Parigi Moutong yang di wakili Kepala Bagian Kesra Pemda Parimo H. Mahfudz berharap melalui kegiatan Festival Ramadan Nasional 2024 di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten, dapat tercipta atmosfer kebersamaan dan kegotongroyongan dalam menyemarakkan Bulan Suci Ramadan, serta dapat menjadi sarana untuk memperkuat solidaritas dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam menjalankan ibadah.

Dikatakannya, program yang di inisiasi oleh Kementerian Agama RI tersebut bertujuan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat juga sebagai wujud kebersamaan untuk saling berbagi.

Mahfudz mengungkapkan Program Festival Ramadan menjadi manifestasi nyata dari semangat kebersamaan dan kepedulian antar sesama. Intisari yang bisa dipetik dari pelaksanaan kegiatan itu bukan hanya sekadar seremonial, akan tetapi sebuah upaya konkret untuk membangun solidaritas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta kepedulian untuk saling berbagi.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Parigi Moutong yang diwakili Kepala Bagian, Kapolres,  Dukcapil, Dinas Koperindag, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua FKUB, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Parimo, para pejabat eselon IV Kantor Kemenag Parigi Moutong Kepala KUA kecamatan , Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, pengurus DWP Kemenag Parimo, dan  seluruh pegawai ASN dan Non ASN dilingkungan Kemenag Parimo, serta masyarakat penerima Paket Ramadhan.(Ahdal)

 

 

 

Tags terkait: Bimas Islam
Editor: Lilis Basira
Fotografer: kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex