- Kontributor
13 Agustus 2019 0:0:0 867

KANKEMENAG PALU LAKUKAN SOSIALISASI TENTANG AUDIT TUGAS DAN FUNGSI KINERJA 2.0 KEPADA ASN

Ket:


Palu (Humas Kemenag)---, Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kota Palu (13/08) dilaksanakan sosialisasi tentang audit tugas dan fungsi kinerja 2.0 yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Drs. H.Ma’sum Rumi, M.M, serta didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Arman Rampadio, M.Ap. 

Sosialisasi  ini merupakan persiapan terhadap audit tugas dan fungsi kinerja 2.0 dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI.  Pelaksanaan Sosialisasi ini diikuti Pejabat Eselon III,  dan para ASN pada dilingkup Kantor Kemenag Kota Palu. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, H. Ma’sum Rumi, menyambut baik atas persiapan pelaksanaan audit ini. Ia berharap dengan adanya audit kinerja bisa membuat para pegawai mengetahui kekurangan/kekeliruannya dalam bekerja dan dapat segera memperbaiki sekaligus meningkatkan kinerjanya.

“Apabila sebelum audit, kita pasti akan selalu merasa pekerjaan kita sudah benar dan tidak ada kekurangan sama sekali. Namun setelah ada audit, kita jadi tahu bahwa ternyata perkerjaan kita ternyata masih ditemui banyak kekurangan atau bahkan kekeliruan,” ujarnya.

H. Ma’sum Rumi berharap Tim Auditor nantinya tidak hanya mencari kesalahan yang telah dibuat para pegawai saja, tetapi juga memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang ada, sehingga pekerjaan yang telah dibuat bisa lebih baik hasilnya dan kinerja para pegawai pun akan meningkat. 

Ma’sum Rumi menjelaskan Audit Kinerja Tugas dan Fungsi 1.0 dalam pelaksanaannya belum menggambarkan capaian kinerja tugas dan fungsi, mengukur capaian tingkat kepuasan layanan, mengukur capaian outcome dan mengukur 3E (Efektif, Efisien, dan Ekonomis).

Sedangkan Audit Kinerja Tugas dan Fungsi 2.0 akan menilai capaian kinerja tugas dan fungsi melalui 4 (empat) fungsi yang menjadi indikator penilaian yaitu fungsi perencanaan, fungsi pelaksanaan dengan, fungsi evaluasi dan pelaporan, dan fungsi capaian hasil dengan bobot nilai, capaian tingkat kepuasan layanan melalui kuesioner survei Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), penegakan integritas, dan kinerja pelayanan dan persepsi korupsi dan capaian 3E (efektif, efisien, dan ekonomis) melalui sub-sub fungsi dan sub-sub komponen penilaian.

“Pelaksanaan Audit Kinerja Tugas dan Fungsi 2.0 ini lebih rinci dibandingkan pelaksanaan Audit Kinerja 1.0. Pelaksanaan Audit Kinerja 2.0 akan menilai Core Activity (CA) dari beberapa unit bagian yang terdapat pada Kementerian Agama seperti Pendidikan Islam, Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Bimbingan Masyarkat, dan lain-lain. Sehingga, kami sangat mengharapkan seluruh dokumen yang sudah kami pintakan sebelumnya agar dapat dikumpulkan secepat-cepatnya” ujar H. Ma’sum Rumi.

Senada dengan hal tersebut, , Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Arman Rampadio, mengungkapkan bahwa nantinya auditor tidak lagi hanya mencari kesalahan tetapi juga akan memperbaiki dan menyempurnakan pekerjaan pegawai.
“Kunjungan Tim auditor tidak lagi hanya mencari kesalahan saja, tetapi juga menjadi konsultan dalam memperbaiki dan menyempurnakan pekerjaan para pegawai apabila masih ditemui kesalahan, saya juga berharap agar kita tetap mengusahakan apa yang telah kita targetkan,” ujar H. Arman.

Sebagai penutup,  H. Arman yang juga merupakan Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi di Kankemenag Palu itu berharap agar nantinya pegawai jangan semata-mata hanya dilihat nilai akhirnya saja, tetapi juga melihat apa saja yang bisa diperbaiki kedepannya. (fuad)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex