- Kontributor
15 Oktober 2022 0:0:0 319

Plh. Pembimas Hindu Hadiri Loka Sabha XIV PHDI Donggala

Ket: Plh. Pembimas Hindu pada Loka Sabha XIV PHDI Donggala, Sabtu (15/10/2022)


Donggala (Kemenag Sulteng) – Pelaksana harian (Plh.) Pembimbing masyarakat (Pembimas) Hindu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Makmur Muhammad Arief, menghadiri pembukaan Loka Sabha ke-XIV Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Donggala, Sabtu (15/10/2022).

Loka Sabha merupakan musyawarah lembaga PHDI untuk regenerasi pengurus serta menentukan program PHDI selama lima tahun ke depan. Tahun ini Loka Sabha ke-XIV PHDI Kabupaten Donggala diselenggarakan di Gedung Sekretariat PHDI Kabupaten Donggala, Desa Parisan Agung, Kecamatan Dampelas.

Dalam sambutannya, Makmur menyampaikan bahwa sebagai suatu organisasi sosial keagamaan yang merupakan komponen subjek pembangunan khususnya pembangunan di bidang adat dan agama yang didasari atas tiga kerangka agama Hindu terdiri dari Tatwa, Susila dan Upacara, tentu diharapkan PHDI dapat tetap eksis sebagai pemersatu umat Hindu.

“Semoga pelaksanaan Loka Sabha ini bisa menghasilkan kader-kader yang berkualitas sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar dan Pancasila. Selain itu harapan kami kepada peserta agar melanjutkan visi dan misi yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) PHDI sehingga dapat mengayomi masyarakat umat Hindu,” ungkapnya.

Selain itu dalam perkembangannya ke depan PHDI diminta dapat menjadi motor penggerak pembangunan sosial keagamaan juga semangat moderasi beragama khususnya di lingkup Kabupaten Donggala.

“Dalam Hindu yang merupakan agama spiritual, sangat mudah ditemui ajaran, sloka-sloka, mantram yang berhubungan dengan moderasi beragama dan toleransi dalam beragama. Misalnya pada Atharvaveda XII.1.4.5 disebutkan, Bumi Pertiwi yang memikul beban, bagaikan sebuah keluarga, semua orang berbicara dengan bahasa yang berbeda-beda dan memeluk kepercayaan yang berbeda, semoga ia melimpahkan kekayaan kepada kita tumbuh penghargaan diantara kita,” terang Makmur.

“Olehnya mari kita selalu memperkuat kerukunan dalam bingkai moderasi beragama,” ajaknya.

Loka Sabha ke-XIV PHDI Kabupaten Donggala akan berlangsung selama dua hari. Kegiatan hari pertama dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan Gedung PHDI Kabupaten Donggala dari Penyelenggara Hindu Kemenag Kabupaten Donggala kepada Ketua PHDI Kabupaten Donggala. (Mon)

Editor: Humas Monica
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex