KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
24 Agustus 2022 0:0:0 78

Plh. Kakanwil: Evaluasi Penting dalam Mengukur Kualitas Pendidikan Agama Islam

Ket: Plh. Kakanwil buka Evaluasi Ujian Pendidikan Agama Islam (PAI) di Hotel Jazz Palu, Rabu (24/8/2022)


Palu (Kemenag Sulteng) - Pelaksana harian (Plh.) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Lutfi Yunus, membuka kegiatan Evaluasi Ujian Pendidikan Agama Islam (PAI) di Hotel Jazz Palu, Rabu (24/8/2022).

Lutfi memberikan apresiasi positif kepada Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kemenag Sulteng yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka mengevaluasi serta menginventarisasi permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan ujian PAI dan budi pekerti di sekolah.

"Dalam pendidikan Islam evaluasi memiliki kedudukan yang sangat penting untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pendidikan dilaksanakan berkaitan dengan pengetahuan, pemahaman, nilai-nilai dan pengamalan agama Islam secara terencana, sistemik, dan berkelanjutan," katanya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sulteng ini menambahkan bahwa dalam proses evaluasi pembelajaran, guru berperan sebagai evaluator yang berfungsi untuk mengetahui apakah proses/cara belajar yang telah dilakukan harus dipertahankan atau diubah ke arah yang lebih baik.

"Sejauh mana kualitas proses belajar mengajar dan kualitas institusi sekolah/lembaga pendidikan juga dapat diketahui dari evaluasi ini yang menjadi muara pelaksanaan ujian sekolah PAI," ungkapnya.

Lutfi mengatakan bahwa durasi pelaksanaan pembelajaran PAI hanyalah sekian jam saja per hari, maka para guru PAI harus bekerja lebih maksimal dan menciptakan strategi juga metode agar pembelajaran PAI yang diberikan dapat membentuk karakter, mental, dan akhlak anak didik yang mulia.

"Tugas kita adalah menemukan cara agar ilmu yang diserap secara teori dapat dipraktikkan pada kehidupan sehari-hari anak didik. Usai evaluasi dilakukan saya harap seluruh peserta dapat memberikan analisisnya masing-masing sehingga selanjutnya tercapai pembelajaran PAI yang lebih efektif," tegasnya.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Pakis Kemenag Sulteng, diikuti oleh 40 peserta terdiri dari pengawas dan guru PAI tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, operator aplikasi SIAGA (Sistem Informasi Administrasi Guru Agama), dan Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Sulteng. (Monica)

Tags terkait: -
Editor: Humas Monica
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex