- Kontributor
3 Januari 2021 0:0:0 373

Sambut HAB Kemenag RI, Kemenag Kab. Buol dan Dharmawanita Anjangsana ke Pontren Al-Mahmudiyyah Buol

Ket:


Buol (Kemenag Sulteng) - Dalam rangka menyambut HAB Kementerian Agama RI ke-75 Tanggal 3 Januari 2021, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Buol melaksanakan dua kegiatan sosial, Pertama berupa pembagian masker di kompleks pasar sentral Buol di Kelurahan Kampung Bugis Kecamatan Biau. Pembagian masker ini dikoordinir langsung oleh Dharmawanita Kankemenag Kab. Buol. Kedua, Kankemenag Buol juga melakukan anjangsana ke Pondok Pesantren (Pontren) Al-Mahmudiyyah.  yang beralamat di Lereng Gunung Kali, Kelurahan Kali Kec. Biau Kab. Buol pada Minggu. 03 Januari 2020.

Pontren Al-Mahmudiyyah ini berkonsentrasi pada pembinaan Tahfidz Qur’an. Pada setiap event MTQ/STQ Tingkat Kabupaten Buol bahkan hingga Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Pontren  ini memberikan andil yang sangat besar dalam menyiapkan peserta Tahfidzil Qur’an, Tilawatil Qur’an, bahkan juga pada cabang Kaligrafi.  

Kepala Kankemenag, Abd. Muluk dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pengurus Pesantren Al-Mahmudiyyah yang telah mengambil peran nyata dalam pembinaan umat, khususnya dalam menyiapkan generasi Qur’an yang berjiwa nasionalisme tinggi, khususnya dalam bidang Hifdzil Qur’an, Tilawatil Qur’an, dan Khatil Qur’an. Kepala Kantor juga menyampaikan permohonan maaf karena belum dapat secara maksimal memberikan bantuan dalam meringankan biaya operasional pondok pesantren.

Lebih lanjut, Kepala Kantor yang akrab disapa dengan Muluk ini, menyampaikan harapan besar kepada Pontren Al-Mahmudiyyah kelak menjadi garda terdepan dalam mencetak hafidz dan hafidzah, qori’ dan qori’ah, dalam melahirkan generasi-generasi yang berakhlak Al-Qur’an di Kab. Buol.

Selanjutnya Abd. Muluk menyerahkan bantuan sebagai wujud ‘tali kasih’ berupa sembako dan dana alakadarnya kepada Pontren Al-Mahmudiyyah. Dalam acara penyerahan bantuan tersebut, Abd. Muluk meminta kepada Pengurus Dharmawanita Kantor Kemenag Kab. Buol dan Kepala MTs Negeri 1 Biau untuk menyerahkannya. Bantuan diterima langsung oleh pimpinan Pontren, Ustadz Mahmud Lacalanca, yang lebih akrab disapa dengan Ambo. 

Dalam sambutannya, Ustadz Mahmud Lacalanda, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh ASN di lingkungan KanKemenag Buol yang telah berkenan menyedekahkan sebagian rizkinya kepada Pontren Al-Mahmudiyyah. Di penghujung acara, Ustadz Mahmud Lacalanda memandu pembacaan doa, dengan harapan kiranya Allah Yang Maha Kaya berkenan memberkahi, menerima dan melipatgandakan pahala sedekah seluruh ASN di lingkungan KanKemenag Kab. Buol serta menggantinya dengan yang jauh lebih baik. Beliau juga mendoakan, semoga Allah memberikan kemudahan dan kesuksesan terbaik kepada Kepala Kankemenag Kab. Buol beserta seluruh ASN-nya dalam mengemban amanah. 

Kunjungan ke pontren ini dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Buol H. Abd. Muluk Lanonci. Turut hadir sejumlah Pejabat Eselon IV, Beberapa Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pengawas Pendidikan dan Dharmawanita.
Penulis: Nurkhairi

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex